by

Tim KKN 06 UBB, Ajak Ibu-ibu PKK Desa Baru Produktifkan Pekarangan Rumah dengan Hidroponik

Manggar, Swakarya.com. Tim KKN 06 UBB tahun 2019 mengajak masyarakat Desa Baru khususnya kalangan ibu-ibu PKK memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk bercocok tanam dengan sistem hidroponik yang dikemas dalam acara sosialisasi bertajuk “Produktif Pekaranganku, Hidroponik pilihanku”, Kamis (25/07) di ruang aula Kantor Desa Baru, Manggar, Belitung Timur.

Ibu-ibu PKK tampak antusias menyimak sosialisasi dan demo bercocok tanam dengan menggunakan sistem hidroponik yang disampaikan oleh tim KKN UBB.

Kegiatan dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama yakni sosialisasi dan pengenalan hidroponik sederhana yang dapat diaplikasikan di lahan pekarangan rumah.

Kemudian pada sesi kedua, disampaikan demo hidroponik dengan sistem box. Demo hidroponik dengan sistem box, disampaikan oleh Indri, salah satu mahasiswi KKN UBB.

Peserta pun diberi pelatihan secara perlahan, mulai dari tahapan pesiapan box buah, sampai dengan melarutkan dan menentukan nutrisi yang baik untuk tanaman yang ditanam.

Tanaman yang digunakan dalam demo ini ada dua jenis, yaitu tanaman sawi pak choi dan selada hijau.

Penggunaan sistem box kata Indri, dianggap cukup sederhana dan mudah diterapkan bagi pemula yang baru ingin bergelut di bidang hidroponik.

Untuk penggunaan sayur sawi dan selada memiliki tujuan tersendiri tambah Indri, karena kedua jenis sayuran itu cukup mudah tumbuh dan berkembang dengan memanfaatkan sistem hidroponik.

“Selain itu, kami melihat masyarakat disini kurang membudidayakan tanaman sayuran dikarenakan tanah disini didominasi oleh tanah berpasir.

Dengan sosialisasi dan demo ini, kami juga berharap ibu-ibu PKK dapat menjadi penyalur ilmu bagi masyarakat yang ingin berbudidaya secara hidroponik”, jelas indri.

Ibu Alafiah, salah satu peserta dari Ibu-ibu PKK, mengaku kegiatan sosialisasi ini memberikan wawasan baru bagi dirinya sendiri secara pribadi.

“Sosialisasi ini sangat positif, ini memberikan kami ilmu baru tentang hidroponik. Sekarang saya dapat memanfaatakn lahan pekarangan belakang rumah dengan hidroponik. Terimakasih kepada tim KKN UBB Desa Baru atas box hidroponik yang diberikan kepada kami,” pungkasnya.

Penulis : Abdul Fakih

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Terkait