Pertama di Babel, Dinas KUKM Sosialisasi Pembentukan Koperasi Mahasiswa di IAIN SAS Babel

Berharap Koperasi Mahasiswa di IAIN SAS Babel akan menjadi Koperasi Percontohan bagi kampus lainnya di Babel

Swakarya.Com. Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan Sosialisasi Pembentukan Koperasi Mahasiswa (Kopma) di kampus hijau, IAIN SAS Bangka Belitung, Kamis (15/08) di Ruang Rapat Besar Lantai 2 Gedung Terpadu.

Sosialisasi ini dihadiri oleh Pembina Koperasi Mahasiswa dan puluhan anggota Koperasi Mahasiswa IAIN SAS Babel.

Narasumber Sosialisasi, Suryati, sekaligus sebagai Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyampaikan, bahwa sosialisasi pembentukan Koperasi merupakan salah satu tahapan untuk mendirikan Koperasi berbadan hukum.

Tujuannya agar calon anggota koperasi mahasiswa mengetahui tentang koperasi, apa itu koperasi, bagaimana ikut dalam koperasi, hak dan kewajiban anggota, dan hal-hal lainnya terkait koperasi.

“Untuk mendirikan koperasi berbadan hukum, anggota dan pengurus harus mendiskusikan dan membahas anggaran dasar dan anggaran rumah tangga koperasi yang memuat nama dan tempat, kedudukan, maksud dan tujuan, bidang usaha, keanggotaan, rapat anggota pengurus dan pengawas serta Sisa Hasil Usaha (SHU) Koperasi,” paparnya saat penyampaian materi kepada para peserta yang hadir.

Pembina Koperasi Mahasiwa IAIN SAS Babel, Agus Triyono, M.B.A. menyampaikan, bahwa betapa beruntungnya seorang mahasiswa yang mau berperan aktif dalam mengembangkan sebuah koperasi.

“Melalui Kopma ini mahasiswa akan banyak belajar dan menambah pengalaman dalam mengelola sebuah organisasi usaha mikro, menambah relasi pasar, dan harapannya mahasiswa dapat mengadopsi apa yang diperoleh selama mengikuti kopma dan diterapkan di lingkungan masyarakat sebagai salah satu wujud pengamalan Tri Dharma perguruan tinggi di masyarakat,” tuturnya.

Pembina lainnya, Mandala Faldini mengungkapkan bahwa untuk membentuk Koperasi Mahasiswa yang kuat, butuh dukungan penuh kampus.

“Unsur pimpinan kampus harus mendukung terbentuknya Kopma ini karena dengan menjadi Koperasi Mahasiswa pertama di Bangka Belitung, saya berharap Koperasi Mahasiswa di IAIN SAS Babel akan menjadi Koperasi Percontohan bagi kampus lainnya di Babel,” pungkasnya.

Penulis: Ryannico

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait