Mahasiswa KKN UBB Tanjung Gunung Ajak Lansia Tangguh Tujuh Dimensi

Tanjung Gunung, Swakarya.com. Hari kedelapan, mahasiswa KKN UBB gelar program BKKBN yang telah bekerjasama untuk membentuk Lansia Tangguh Tujuh Dimensi, dengan bentuk acara Senam Lansia, yang diikuti oleh ibu-ibu dan para Lansia di alun-alun Desa Tanjung Gunung, Kamis, 18 juli 2019.

Dalam kegiatan ini, seluruh mahasiswa KKN dilibatkan agar para lansia bersemangat untuk mengikuti senam lansia yang diadakan setiap sore sekitar pukul 16.00 WIB di Desa Tanjung Gunung.

Mahasiswa KKN Tanjung Gunung terus mengajak para lansia dengan datang kerumah-rumah menjelaskan betapa pentingnya memperhatikan kesehatan walaupun sudah di usia tua. 

“Program tersebut dibagi menjadi beberapa tim yang terdiri dari 30 orang, 10 diantaranya menjadi perwakilan yang bertugas untuk membantu program Bina Keluarga Lansia yang di dukung oleh BKKBN Provinsi  Bangka Belitung,” ujar Resi Liani, salah satu mahasiswa KKN Desa Tanjung Gunung.


Menurutnya, Bina Keluarga Lasia salah satu wadah kelompok masyarakat yang terdiri dari keluarga Lansia yang memiliki tujuan yang positif untuk kesehatan.

“Meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku atau keterampilan keluarga Lansia untuk meningkatkan kualitas hidup serta meningkatkan kesetaraan ber KB bagi pasangan usia subur (PUS) anggota poktan yang berada di tingkat desa atau kelurahan ke bawah dalam upaya mewujudkan ketahanan keluarga,” tambhnya.

Lanjutnya, ada tujuh dimensi Lansia Tangguh dalam pembangunan keluarga, yakni dimensi spiritual, dimensi sosial kemasyarakatan, dimensi emosional, dimensi fisik, dimensi intelektual, dimensi profesional vokasional dan dimensi lingkungan yang termaktub dalam UU. No. 13 Tahun 1998.

Penulis: Dyah Ayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait