KPU Bangka Gelar Rakor Persiapan Verifikasi Faktual Calon Peserta Pemilu

Bangka, Swakarya.Com. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Verifikasi Faktual Kepengurusan Kantor dan Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2024 di gedung Aurora Hotel Tanjung Pesona Sungailiat, Kamis (6/10).

Dalam sambutannya, Kepala Divisi Teknis Penyelenggara KPU Bangka, Iman Supiar mengatakan, tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut agar masyarakat daerah ini mengetahui tahapan terkait Pemilu 2024, salah satunya tahapan verifikasi Parpol Calon Peserta Pemilu.

“Yang mana pelaksanaan verifikasi faktual ini sendiri akan dimulai dari tanggal 15 Oktober hingga 4 November 2022,” katanya.

Untuk itu ia berharap, jika kedepan ditemukan ada petugas KPU yang melakukan verifikasi di lapangan, masyarakat di daerah ini diminta untuk tidak kaget.

“Kita harap masyarakat nantinya tidak ada yang kaget dan bertanya tanya ketika ada tim yang turun ke lapangan. Nah dari hasil verifikasi ini nantinya akan kami sampaikan setelah dibuatkan berita acaranya dan kemudian dikirimkan ke KPU RI melalui KPU Provinsi,” katanya.

Sambungnya, berkaitan dengan partai politik, sejauh ini sudah ada 9 partai politik yang sudah dinyatakan lolos tanpa harus mengikuti verifikasi faktual. Sembilan partai yang dimaksud adalah Golkar, PKB, Nasdem, PKS, PAN, Demokrat, PPP, PDIP, dan Gerindra.

“Saat ini sudah ada 9 partai Parlemen dan masuk dalam verifikasi perbaikan pasca ditetapkannya ada 19 partai. Terkait hasil kita tidak akan menetapkan akan tetapi kami akan membuat berita acaranya yang akan dikirimkan ke KPU RI. Nah untuk verifikasi perbaikan akan akan berakhir pada tanggal 10 Oktober ini,” jelasnya.

Ditambahkannya, untuk poin poin dalam verifikasi faktual ini diantara terkait dengan kepengurusan, letak kantor tetapnya dan keanggotaannya. Dan jika ada keluhan dari masyarakat, Iman katakan jika KPU siap menampung dan memberikan tanggapan.

“Kemarin juga sudah ada rekrutmen badan adhoc di 4 Panwascam di Bawaslu dan sudah ada pelaporan dari beberapa orang, dan kami juga melakukan verifikasi terhadap yang bersangkutan,” katanya.

Sementara itu Kepala KPU Bangka, M Hasan menginginkan agar ketika nanti tim verifikator turun ke lapangan untuk memfaktualkan anggota partai politik dapat berjalan aman dan lancar serta terjaga kondusifitasnya.

“Mudah mudahan tim di lapangan dapat menemui setiap partai, sehingga dapat berjalan lancar. Seandainya nanti tidak bisa di temui oleh tim verifikator di lapangan maka kami akan melakukan mekanisme lainnya,” pungkasnya.

Penulis : Lio

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait