oleh

Kandaskan Chelsea Via Adu Penalti, Liverpool Boyong Piala Super Eropa

Swakarya.Com. Liverpool menjadi juara Piala Super Eropa 2019 usai mengalahkan Chelsea di Stadion Besiktas Park, Istanbul, Turki, pada Kamis (15/8), melalui drama adu penalti. Bagi Chelsea ini adalah kekalahan beruntun dari tim besar setelah sebelumnya ditekuk Manchester United 4-0 di laga Liga Inggris.

Pada babak pertama Chelsea tampil meyakinkan dengan melakukan berbagai umpan-umpan kreatif, sementara Liverpool lebih banyak menahan bola. Walau Liverpool menguasai bola lebih banyak, justru Chelsea unggul lebih dulu pada menit ke-36 melalui gol Olivier Giroud.

Beberapa peluang diciptakan Chelsea selepas gol pertama, salah satunya oleh Christian Pulisic yang sempat membuat bola melewati garis gawang Liverpool. Meski begitu gol tersebut dianulir wasit lantaran offside.

Liverpool melakukan penggantian pemain memasuki babak kedua, Roberto Firmino menggantikan Alex Oxlade-Chamberlain. Keputusan itu sangat baik sebab tiga menit setelah babak kedua dimulai Liverpool bisa menyamakan kedudukan.

Sontekan tipis Firmino menjadi umpan mudah buat Sadio Mané yang tepat berada di muka gawang. Sepakan pertama Mané sempat berhasil ditahan kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga, namun bola lolos dan sepakan kedua menjadi gol pada menit ke-48.

Permainan kedua tim lebih terbuka setelah skor imbang 1-1, keduanya silih berganti melakukan serangan. Peluang gol sesekali tercipta untuk kedua tim.

Hingga akhir pertandingan 90 menit yang diawasi tiga wasit wanita ini tidak ada gol tambahan tercipta. Kedua tim masuk babak tambahan untuk mencari pemenang.

Pada babak tambahan pertama kombinasi Firmino dan Sane membuat kejutan. Umpan Firmino disambar Sane tanpa bisa dihentikan Arrizabalaga, Liverpool unggul 2-1 pada menit ke-95.

Chelsea mendapat penalti pada menit ke-98 usai Tammy Abraham yang masuk menggantikan Giroud sejak menit ke-74 dijatuhkan kiper Liverpool Adrián. Jorginho yang mengeksekusi penalti pada menit ke-101 berhasil menyamakan kedudukan 2-2.

Pada babak tambahan kedua Chelsea lebih banyak membuat peluang. Tendangan keras Mason Mount (Chelsea) ke arah gawang ditepis Adrián, setelah itu sepakan Pedro melebar tipis di sisi kiri gawang liverpool.

Tanpa gol tambahan pertandingan lanjut ke adu penalti. Dari 10 penalti yang dilakukan kedua tim, hanya usaha Abraham (Chelsea) yang tidak menghasilkan gol. Liverpool memenangi pertandingan 2(5)-2(4) dan berhasil meraih trofi.

Sumber: CNN Indonesia

Editor: Ryannico

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait