oleh

Hasil Penelitian STISIPOL Pahlawan 12, Wartawan Harus Profesional dan Independen

Sungailiat, Swakarya.Com. STISIPOL Pahlawan 12 Sungaliat Bangka kembali menyelenggarakan seminar penelitian dosen yang berlangsung pada hari Senin, 5 Oktober 2020 secara daring.

Melalui platform aplikasi zoom yang dihadiri para dosen dan Staf Presentasi hasil penelitian dipaparkan oleh Suryani, S.Sos., M.Si dan Septiar Andilaransyah dengan judul “Komunikasi Pembangunan Pemkab Bangka dalam Monitoring dan Kerjasama Media.

Dalam pemaparannya, dijelaskan bahwa dari aspek teknik penulisan berita, straight news masih menjadi pilihan utama.

Selain itu, isu penyelenggaraan pembangunan terlihat lebih menarik dibandingkan dengan isu terkait pemerintahan.

Kemudian kecendrungan berita netral dan positif lebih banyak dibandingkan dengan berita dengan tone negatif.

Berdasarkan narasumber, birokrat paling kerap dikutip dibanding dengan ormas dan politisi.

Hasil rekomendasi penelitian ini yaitu terkait profesionalitas dan independensi wartawan.

Profesionalitas dan independensi media penting untuk didorong dengan membuat aturan tentang kerjasama dan sertifikasi media sehingga media dapat menjalankan perannya secara maksimal sesuai dengan kode etik jurnalistik.

Selain itu, bagi Pemkab Bangka agar menyiapkan data pendukung ketika memberikan pernyataan kepada media sehingga wartawan dapat menulis berita dengan lengkap dan layak muat.

Sekretaris bidang penelitian Stisipol Pahlawan 12 Sungailliat Bangka Widya Handini, B.Sc., M.Sc berharap penelitian yang dilakukan oleh dosen STISIPOL P12 memiliki output.

Dalam beberapa hal seperti memberikan informasi yang dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan kinerja, serta bermanfaat untuk masyarakat umum.

Selain itu, hasil penelitian diharapkan dapat terpublikasikan dalam jurnal ilmiah terakreditasi serta dipresentasikan dalam Konferensi baik itu nasional maupun internasional.


“Output merupakan hal yang sangat penting dalam konteks melakukan penelitian ilmiah. Selain membantu pemerintah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, diharapkan hasil penelitian tersebut dapat tembus ke jurnal bergengsi serta dipresentasikan di konferensi nasional atau internasional,” ungkap Widya. ***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait