by

FH UBB Gelar Workshop Tata Kelola Jurnal

*Menuju Jurnal Terakreditasi

Merawang, Swakarya.com. Pengelola Jurnal Progresif Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung (UBB)  gelar Workshop Tata Kelola Jurnal di Ruang Rektorat UBB, Senin (17/06/ 2019.

Dekan FH UBB Dr Dwi Haryadi mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai salah satu bentuk menambah kualitas dari pembuatan jurnal akreditasi agar mampu bersaing di taraf nasional dan internasional.

“Kegiatan ini difasilitasi oleh Kemenristek Dikti ialah memberikan pencerahan bertujuan untuk pengelolaan jurnal,” ujar Dr. Dwi Haryadi.

Workshop jurnal ini memberikan spirit baru bagi para tenaga pengajar dalam pembenahan jurnal progresif FH UBB.

“Agenda ini diselenggarakan selama dua hari ini semoga bermanfaat untuk pengembangan akademik para dosen dalam menyusun kepangkatan fungsional,”¬†tambahnya.

Dr. Nizwan selaku Wakil Rektor I UBB  mengapresiasi acara yang diinisasi oleh Pengelola Jurnal Progresif Fakultas Hukum UBB dalam kegiatan Workshop Tata Kelola Online Jurnal System (OJS) menuju jurnal terakreditasi.

Sementara itu, Narasumber dalam Workshop Jurnal diisi oleh Prof. Irwansyah, Yoga Dwi Arianda, dan Ahsan Yunus dari Kemenristek Dikti Pengelola Jurnal.

Selanjutnya ia juga mengharapkan partisipasi agenda ini diikuti oleh pengelola jurnal seluruh Fakultas di UBB dan kampus lainnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Penulisan jurnal memiliki peran strategis dalam mempertajam visi UBB kedepan. UBB memberikan perhatian serius menuju Universitas riset yang mana out put nya dalam bentuk jurnal,” tuturnya.

Kampus UBB pula memliki hampir puluhan jurnal yang setiap Fakultas dan Jurusan memiliki jurnal tersendiri.

“UBB mempunyai 30 Jurnal dari berbagai Fakultas dan Program Studi, 5 diantaranya Jurnal tersebut sudah terakreditasi,” tambahnya.

“Harapannya setelah agenda workshop ini dapat berakselerasi menuju terakreditasi, terkhusus bagi Jurnal Progresif FH UBB kedepan semoga segera mendapat predikat terakreditasi,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Pengelola Jurnal Progresif FH UBB Dr. Derita Prapti Rahayu menginginkan setalah kegiatan ini akan naik ke akreditasi SINTA 2.

“Kami memiliki target spesifik menyelenggarakan Workshop ini agar kedepan target kami minimal akreditasi SINTA 2. Meskipun demikian, tata kelola jurnal kami saat ini sudah OJS dan terindeks Google Scholar, Garuda, Base, Road, dan Neliti,” ujarnya. [Suhargo]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Terkait