oleh

Cegah Covid-19, Bawaslu Babel Lakukan Langkah Ini!

Pangkalpinang, Swakarya.Com. Antisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19, Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menerapkan mekanisme pencegahan di lingkungan Bawaslu, Selasa (17/03/2020).

Terdapat tiga poin utama yang harus dilakukan jajaran Sekretariat Bawaslu Provinsi Bangka Belitung, diantaranya pembersihan fasilitas umum, kebersihan tangan dengan menggunakan hand sanitizer atau pembersih tangan dan pengecekan suhu badan bagi siapa saja yang akan masuk ke gedung Bawaslu.

Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitug Roy Maryuna Siagian mengungkapkan, mekanisme ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus terutama dilingkungan bawaslu,

“Ini bentuk pencegahan kita dan juga merupakan arahan dari Bawaslu RI, jangan sampai apa yang kita khawatirkan terjadi, jadi kita buat peraturan seperti ini”, kata Roy.

Pembersihan ini dilakukan dengan menggunakan hand sanitizer jenis alkohol terutama pada waktu aktivitas padat di pintu masuk.

Selanjutnya, Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini juga menegaskan bagi setiap orang wajib mencuci tangan dengan sabun dan air atau pencuci tangan sebelum memasuki lingkungan gedung Bawaslu.

Dirinya juga menjelaskan setiap pegawai wajib melakukan pengecekan suhu badan sebelum memasuki lingkungan gedung Bawaslu.

Apabila pada pemeriksaan terdeteksi suhu badan lebih dari 38 derajat celcius, maka disarankan untuk istirahat dirumah dan memeriksakan diri di fasilitas pelayanan kesehatan.

“sedangkan bagi yang memiliki suhu badan kurang dari 38 derajat celcius dan mengalami batuk atau pilek maka diperbolehkan untuk tidak memasuki lingkungan gedung Bawaslu,” ungkapnya.

Mekanisme yang dilakukan ini merupakan respon sigap dari Bawaslu dalam menangani Covid-19 yang sedang marak. Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan, covid19.kemkes.go.id, hingga Senin (16/3/2020) pukul 18.53 WIB, jumlah pasien positif virus corona di Indonesia kini menjadi 134 orang.

Selain 134 orang positif korona, hingga saat ini, sebanyak delapan orang sembuh dan 5 orang meninggal dunia.Kemenkes juga telah melakukan pemeriksaan pada 1.230 orang dan sebanyak 1.083 dinyatakan negatif.

Saat ini, masih terdapat 13 proses pemeriksaan. Sementara, di dunia, virus Korona telah menyebar di 158 negara, hal itu berdasar situs worldmeters.info yang diakses Tribunnews.com pada Senin ini pukul 18.53 WIB.

Editor : Tahir

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait