oleh

Wabup Harap Perangkat Desa Kelola Keuangan Desa Dengan Transparan

Bangka, Swakarya.Com. Wakil Bupati Bangka, Syahbudin berharap kepada seluruh perangkat desa yang ada di daerah ini mampu mengelola anggaran dana desa dengan baik dan transparan.

Karena menurut Wabup, jika hal tersebut dilaksanakan dengan baik, maka pemerataan pembangunan yang ada di desa bisa terlaksana yang mana manfaatnya bisa dirasakan masyarakat setempat.

“Tentunya jika ini dilakukan dengan transparan maka pemerataan pembangunan didesa bisa terwujud dan tentunya memudahkan pelayanan terhadap masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” kata Wabup saat membuka workshop bagi aparatur Desa Se-Kabupaten Bangka di Ballroom Aurora Tanjung Pesona Beach Sungailiat, Selasa (15/9).

Untuk itu, melalui kegiatan workshop ini, Wabup berharap kegiatan pelatihan ataupun kegiatan bimbingan teknis lainnya dapat membantu meningkatkan kapasitas serta wawasan aparatur desa daerah ini.

“Jadi peningkatan kapasitas tersebut tentunya sangat berguna ,terutama untuk perencanaan pembagunan di desa eperti penyusunan RPJMDesa, RKPDesa bahkan APBDesa dengan melewati serangkaian kegiatan musrembang dari tingkat RT, dusun maupun desa,” katanya.

Selain itu, kegiatan workshop bagi aparatur desa ini diharapkan setiap desa yang ada di daerah ini dapat meningkatkan kapasitas dalam melaksanakan pembangunan di desa serta dapat menambah dan meningkatkan ilmu pengetahuan, terutama dalam tata kelola pembangunan yang ada di desa.

“Karena pengelolahan administrasi keuangan dan aset desa juga dituntut untuk dilaksanakan secara transparan, tertib dan disiplin anggaran sehingga, laporan pertanggungjawaban keuangan, aset desa serta evaluasi pelaksanaan pengelolahannya menjadi akuntabel sebagaimana yang diamanatkan dalam UU No 6 tahun 2014 tentang Desa,”katanya.Bekali Perencanaan Pembangunan Desa, 62 Desa Kabupaten Bangka Ikuti Workshop

Sementara, Kepala Dinas Pemerintah Desa Kabupaten Bangka, Thony Marza mengatakan kegiatan workshop ini bertujuan untuk mempersiapkan aparatur Desa dalam rangka menjelang RKPDes (Rencana Kerja Pembangunan Desa).

“Sehingga pada kegiatan workshop ini sangat diperlukan untuk membekali aparatur desa, seperti Kades, BPD dan perangkatnya dapat bersinergi dalam perencanaan pembangunan pada Desa nya dan jangan sampai aparatur Desa itu tidak singkron dalam penyelengara dari proses RKPDes tersebut,”katanya.

Dikesempatan yang sama, Ketua pelaksana kegiatan yang menjabat Sekjen Apdesi Bangka, Yusni Thamrin menambahkan, pada kegiatan tersebut peserta yang ikut dalam workshop itu berjumlah 233 orang dan dibagi dalam dua gelombang

“Gelombang pertama dari 4 Kecamatan yakni Sungailiat, Pemali, Pudingbesar dan Mendobarat dengan jumlah 118 orang peserta dan pada gelombang kedua dari 4 Kecamatan, diantaranya Belinyu, Riausilip, Bakam dan Merawang dengan jumlah 115 orang peserta,” katanya.

Yusni berharap lewat kegiatan tersebut dapat menambah wawasan perangkat desa yang ada di daerah ini terkait pengunaan dana desa.

Penulis : Lio

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait