oleh

Universitas Islam Internasional Indonesia Gelar Press Conference tentang Syarat Beasiswa

Swakarya.com. Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) atau Indonesian International Islamic University (IIIU) adalah Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) yang menyelenggarakan program pascasarjana, didirikan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 57 Tahun 2016 dan ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan Peraturan Presiden Nomor 56 Tahun 2018.

Pada tanggal 5 Juni 2018 Presiden RI Joko
Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla berkenan melakukan peletakan batu pertama
pembangunan kampus UIII didampingi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri
PUPR Basuki Hadimuljono serta Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Hingga kini
pembangunan kampus masih berlangsung dan diharapkan rampung tahun 2026.

“UIII memiliki visi dan misi untuk menjadi kampus bertaraf internasional dan bertekad
memainkan peran penting secara aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan tentang
Islam dan masyarakat Muslim, ilmu-ilmu sosial, ekonomi dan bisnis, ilmu pendidikan, sains
dan teknologi, serta arsitektur dan seni bagi kemaslahatan umat manusia,” Ujar Bahrul Hayat, PhD selaku Wakil Rektor bidang Akademik, SDM dan Kemahasiswaan UIII.

“Sejalan dengan visi dan misi di atas, UIII memiliki tiga pilar pengembangan kampus
sebagai berikut. Pilar pertama: Pendidikan pasca sarjana (graduate education) yang
menyediakan program magister dan doktor dalam bidang keilmuan Islam, ilmu-ilmu sosial, ekonomi dan bisnis, ilmu pendidikan, sains dan teknologi serta arsitektur dan seni. Pilar kedua: Pusat penelitian dan kajian yang diberi mandat melakukan penelitian dan kajian strategis guna memberi respons terhadap berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat Muslim khususnya dan masyarakat global pada umumnya yang berkaitan
dengan kondisi sosial, politik, ekonomi, dan budaya serta perkembangan sains dan teknologi. Pilar ketiga: Pusat peradaban dan kebudayaan yang bertujuan mengadakan penelitian, pengkajian, pelestarian, pengembangan dan promosi budaya serta peradaban Islam Indonesia melalui pengembangan museum, pusat manuskrip, masjid, pusat seni dan pertunjukan serta pameran dan festival budaya secara berkesinambungan,” Ungkap Prof. Dr. Komaruddin Hidayat selaku Rektor UIII.

Program akademik UIII akan dimulai pada tahun akademik 2021/2022 bulan September 2021. Pada tahun akademik ini UIII membuka 4 (empat) fakultas yaitu Fakultas Studi Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Fakultas Ilmu Pendidikan.

“Seluruh program akademik dan pembelajaran menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Khusus untuk Fakultas Studi Islam, di samping bahasa Inggris, juga disyaratkan penggunakan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar. Bahasa Indonesia menjadi persyaratan bagi mahasiswa yang mengambil kajian dan penelitian tentang Indonesia dan Asia Tenggara untuk tesis dan disertasi,” Ungkap Rektor UIII.

Pada tahun 2021 UIII akan menerima 100 mahasiswa program magister dan semuanya mendapatkan beasiswa penuh dari UIII bagi mereka yang memenuhi syarat. Beasiswa terbuka bagi mahasiswa Indonesia dan mahasiswa Internasional.

Beasiswa UIII diberikan kepada individu yang memiliki prestasi akademik yang unggul, pengalaman kepemimpinan, dan terlibat aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Lulusan UIII diharapkan menjadi ilmuwan yang berintegritas, inovatif dan produktif serta mampu mendorong terjadinya perubahan bagi masyarakat, bangsa dan negara serta memberi kontribusi signifikan bagi terbentuknya tatanan dunia yang lebih baik.
Setiap penerima beasiswa UIII berhak mendapatkan pembiayaan dan pendanaan
pendidikan, biaya hidup, asuransi kesehatan, dan biaya lainnya yang relevan. Untuk tahun-tahun berikutnya, UIII akan memperluas sumber dan jumlah beasiswa melalui dana pemerintah Indonesia dan kemitraan dengan berbagai lembaga dari dalam negeri dan kerja sama internasional,” Tutupnya.

Beasiswa UIII ini sangat kompetitif dan hanya akan diberikan kepada calon mahasiswa yang memenuhi semua persyaratan dan kualifikasi. Info lebih lanjut tentang UIII dan beasiswa UIII dapat diakses melalui website UIII: uiii.ac.id, dan media sosial UIII di: Instagram: @uiiiofficial, Twitter: @uiiiofficial, LinkedIn and Facebook: Universitas Islam Internasional Indonesia.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait