by

Tips Menjadikan Rumah Bebas Semut

Semut merupakan serangga yang paling sering kita jumpai di rumah, terutama area dapur. Sedikit saja ada sisa makanan manis, semut pun langsung mengerubungi.

Untuk itu, jika kita ingin menyingkirkan semut dari rumah, kita harus mengetahui dulu tipe semut yang menjadi musuh kita ini. Sebab, beda semut, beda juga cara mengatasinya.

“Mengetahui jenis semut, kita juga bisa mengetahui makanan favoritnya dan di mana ia biasa bersarang. Misalnya saja semut yang berbau biasanya lebih tertarik pada makanan manis, sedangkan semut protein menyukai daging dan sesuatu yang berminyak,” kata pakar serangga Jody Green Ph.D dikutip dari Kompas.

Ada juga semut tukang kayu yang lebih suka sesuatu yang basah, lunak, dan sisa kayu untuk dijadikan tempat koloninya. Tanda kehadiran semut ini adalah adanya tumpukan seperti pasir di lantai atau kayu lapuk.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk membuat rumah bebas dari semut.

1.Jaga rumah selalu bersih

Semut memiliki daya penciuman yang luar biasa, yang ia pakai untuk mendeteksi makanan. Terkadang, hanya butuh satu ekor semut untuk menemukan remahan roti dan tak berapa lama sudah muncul satu koloni.

“Ketika semut menemukan sumber makanan baru, ia akan mengumpulkannya sedikit lalu mengikuti feromonnya untuk melacak jejak ke sarangnya. Koloninya pun akan mengikuti dan mengambil lebih banyak lagi,” kata Eric Sebring, pakar serangga, seperti dikutip Readers Digest.

2. Lindungi makanan manis

Tidak perlu menyingkirkan gula sama sekali dari rumah, tapi buatlah agar sulit bagi semut-semut itu untuk menemukannya. Misalnya saja dengan menutup rapat tempat gula atau membersihkan sisa cairan manis dari sekitar botol. Simpan dalam wadah yang kedap udara sisa makanan, dan bukan tetap menyimpannya dalam kardus.

3. Kurangi kelembaban

Makanan bukan satu-satunya hal yang menarik semut masuk dalam rumah kita. Semut juga butuh air untuk bertahan hidup. Itu sebabnya mengapa di musim kemarau biasanya semut akan lebih banyak ditemukan di rumah.

Cara lain adalah mengurangi tingkat kelelembaban di area rumah dengan menyalakan kipas exhaust di kamar mandi atau dapur.

4. Siapkan semprotan

Semut meninggalkan feromon di jalan yang mereka lalui dan akan dengan cepat diikuti oleh koloninya. Untuk menghilangkan aroma feromon itu, semprotkan campuran air dan vinegar atau jeruk lemon ke area sekitar kita melihat semut.

5. Gunakan bedak bayi

Taburkan bedak bayi di area yang paling sering dilintasi barisan semut. Biasanya cara ini cukup ampuh membuat semut kembali lagi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Terkait