by

Rentan Terkena Covid-19, Lansia Masuk Sasaran Prioritas Vaksinasi

Pangkalpinang, Swakarya.Com. Kelompok lansia menjadi sasaran prioritas dalam vaksinasi Covid-19 mengingat dalam hal ini, usia 50 tahun ke atas menjadi kelompok rentan yang mendominasi angka kematian pasien Covid-19 diwilayah Bangka Belitung saat ini.

Terkait hal itu, Direktur RSUD Depati Hamzah Kota Pangkalpinang, Dr M Fauzan saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa terkait vaksinasi terhadap lansia dan berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), memang vaksinasi pada lansia ini lebih diutamakan pada tahap kedua.

Menurut dr M Fauzan, kenapa hal ini diperlukan ? karena, dari data 50 persen lansia yang meninggal karena Covid-19 itu, 50 persennya bergejala berat dan resiko menyebabkan kematian pada lansia.

Oleh sebab itu kata dia, lansia tersebut lebih diutamakan untuk terlebih dulu dilakukan vaksinasi.

Lebih lanjut dia katakan, berdasarkan dari data, lansia ataupun yang lainnya yang sudah dilakukan vaksinasi dua kali kemudian masih terkena Covid-19, itu gejalanya akan turun secara drastis.

“Ini dalam arti kata orang yang sudah diberikan vaksinasi lengkap dua kali kemudian masih terkena Covid-19 biasanya hampir rata-rata gejalanya ringan malahan tidak menimbulkan gejala apapun,” tuturnya.

“Dan jika dibandingkan orang-orang yang belum diberikan vaksinasi, kemudian orang itu terkena Covid-19, ini penyebab resikonya bisa sedang hingga ke berat,” sambungnya.

Oleh karen itu ia mengimbau, terutama untuk para lansia yang belum melakukan vaksin harus segera dilakukan vaksinasi .

“Memang tidak menjamin orang yang sudah dilakukan divaksin akan terhindar dari Covid-19, namun akan tetapi dengan dia sudah dilakukan vaksin lengkap dan masih terkena Covid-19 ini gejalanya sangat ringan sekali,” tutupnya.

penulis: Sandy

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait