oleh

Pembekalan Calon Pensiunan, Abdul Fatah: Jadi Pensiun Harus Disyukuri

Pangkalpinang, Swakarya.Com. Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah menghadiri kegiatan pembekalan Aparatur Sipil Negara (ASN) prapurnabakti yang akan memasuki masa purnabakti (pensiun) di Lingkungan Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung (Babel) periode Juni hingga September 2020 dan prapurnabakti periode tahun 2021. Pembekalan ini berlangsung di gedung Mahligai rumah dinas Gubernur Prov. Kep. Babel, Kamis (24/9/20).

Wagub Abdul Fatah atas nama Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung mengucapkan terima kasih kepada para ASN prapurnabakti yang akan maupun yang telah memasuki masa purnabakti. Pemprov. Babel memberikan penghargaan yang setinggi – tingginya atas pengabdian para ASN selama bertugas dalam melayani masyarakat dengan baik, hingga akhir masa tugasnya.

Masa pensiun bagi sebagian ASN dianggap sebagai keadaan yang sulit. Karena dalam menjalani masa pensiun, ASN sering tidak tahu harus berbuat apa, akibat tidak memiliki kemampuan, keahlian, keterampilan sehingga menyebabkan hilangnya kepercayaan diri.

Oleh karena itu, ASN menjelang pensiun akan dibekali dengan beragam kemampuan dan keterampilan, sehingga dapat berwiraswasta.

“Hasil riset mencatat, orang yang telah pensiun 49% mengantungkan hidup dengan orang lain, hal seperti ini harus dihindari, sehingga di masa prapensiun harus mulai membekali diri. Setelah menjalankan masa pensiun sudah ada kegiatan yang dikerjakan nantinya dan tidak bergantung dengan orang lain,” ungkapnya.

Dengan memiliki beragam keterampilan Wagub Abdul Fatah yakin, ASN yang telah pensiun dapat berkarya, agar bermanfaat untuk diri sendiri maupun untuk keluarga dan masyarakat.

Ditegaskan Wagub Abdul Fatah, masa pensiun hendaknya dijadikan agar lebih leluasa dan bebas untuk mengembangkan diri dalam berkarya. Menjadi pensiun bukan untuk disesali, namun harus disyukuri karena menjadi pensiun pasti dialami semua ASN atau karyawan.

“Oleh sebab itu, pelu memanfaatkan masa pensiun dengan berbagai kegiatan yang positif, baik kegiatan sosial, keagamaan, serta kegiatan lainnya,” ujarnya.

Wagub Abdul Fatah menilai, kegiatan pembekalan bagi para ASN yang akan memasuki masa pensiun ini penting dilakukan karena, melalui kegiatan seperti ini para pensiunan memiliki bekal keterampilan untuk mengisi hari – hari masa tua yang bermanfaat.

Untuk itu saya atas nama Pemprov Kepulauan Babel maupun pribadi mengucapkan, terima kasih kepada Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Babel, para pejabat di jajaran p
Pemprov. Babel, pimpinan PT Taspen, pimpinan Bank Mandiri Taspen, serta para ASN yang telah memasuki masa purnabakti, semoga kegiatan ini bermanfaat.

Di akhir kegiatan, Pemprov. Babel memberikan bingkisan yang diserahkan langsung oleh Wagub Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah; Kepala BKPSDMD Provinsi Kepulauan Babel, Sahirman; dan Kepala PT Taspen. (***)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait