oleh

Pelihara Persatuan Dan Kesatuan, Kesbangpol Ajak Seluruh Elemen Tingkatkan Solidaritas

Bangka, Swakarya.Com. Dalam rangka menjaga persatuan dan meningkatkan rasa solidaritas serta ikatan sosial di kalangan masyarakat, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Bangka menggelar kegiatan silaturahmi antar elemen masyarakat yang ada di daerah ini, Senin (10/9). 

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Bupati Bangka, Syahbudin di Hotel Novila Sungailiat dengan tema Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa Menuju Bangka Setara, diharapkan rasa solidaritas yang sudah terjaga dapat ditingkatkan. 

“Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah guna memberikan gambaran kepada peserta tentang permasalahan aktual yang terjadi di masyarakat dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam meningkatkan kerukunan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat Pemerintah Kabupaten Bangka,” kata Wabup. 

Menurut Wabup, kegiatan yang dilaksanakan oleh Kesbangpol daerah ini dianggap penting mengingat generasi muda ini nanti dapat memulai perannya menggalang solidaritas masyarakat demi perubahan bangsa. 

“Lihat saja sejarah Bung Karno misalnya dalam usia 25 tahun Bung Karno telah memulai menggalang solidaritas berbagai potensi kekuatan progresif yang ada di nusantara untuk mewujudkan Indonesia merdeka dan atas berkat rahmat Allah, Bung Karno dalam usianya 44 tahun memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia kita bisa memetik banyak pelajaran dari pelajaran dalam upayanya menggalang solidaritas untuk mewujudkan Indonesia merdeka,” katanya. 

Lewat contoh itulah Wabup berharap kepada kalangan muda memiliki pandangan jauh kedepan bukan hanya untuk kepentingan pribadi tetapi juga bagi orang banyak dengan bertolak dari potensi yang dimiliki. 

Selain itu juga pelajaran tentang kontinuitas atau keistiqomahan upaya menggalang solidaritas dalam menggapai cita-cita itu, diharapkan semua peserta yang hadir dapat meningkatkan kreatifitasnya demi mewujudkan dan memelihara solidaritas antar sesama.

“Seperti tudung saji yang dibangun dan menjadi ciri khas daerah ini. Dan itu kita rasakan sebagai buah kreativitas masyarakat dahulu untuk mewujudkan dan memelihara solidaritas dengan menikmati hidangan bersama dalam tradisi nganggung yang kemudian menginspirasi istilah sepintu sedulang semboyan Pemerintah Kabupaten Bangka,” katanya. 

Sementara, Ketua Panitia Penyelenggara Kegiatan, M.Nursi dalam laporannya mengatakan tujuan dilaksanakan kegiatan sebagai forum silaturahmi antar elemen masyarakat demi mewujudkan daerah menjadi daerah sejahtera dan mulia. 

“Melalui pemerintah dan seluruh elemen masyarakat mari kita menuju bangka setara,” katanya. 

Peserta kegiatan yang diikuti oleh tokoh agama, pemuka agama, mahasiswa serta forum yang ada di daerah ini diisi pemateri oleh Kabag Kesra Setda Bangka, Wakapolres Bangka, Staf Bappeda Bangka serta FKUB. (Lio)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait