oleh

Mahasiswa IAIN SAS Babel Ini, Nikmati Sensasi Wisata Sejarah Menggunakan Mobil Pownis di Kota Pangkalpinang

Pangkalpinang, Swakarya.Com. Bintari, mahasisiwa Jurusan Bahasa Inggris, IAIN SAS Babel memposting pengalamannya berwisata mengelilingi Kota Pangkalpinang menggunakan Mobil Pownis yang merupakan aset dari Museum Timah Indonesia di Pangkalpinang, Minggu, 15 Februari 2020.

Menurut Bintari yang tertulis di akun Instagramnya @bntri01, Ia mengatakan Mobil Pownis adalah mobil angkutan umum yang digunakan masyarakat Bangka Belitung di zaman kolonial Belanda.

“Dulunya mobil ini berfungsi sebagai angkutan umum yang sering beroperasi Pangkalpinang-Sungailiat karena pada saat itu Pulau Bangka baru mempunyai 2 kabupaten saja,” tulisnya dengan bahasa yang sederhana.

Selanjutnya dalam postingannya, pada zamannya mobil pownis ini sangat eksis di kalangan masyarakat Bangka tapi pengaruh globalisasi membuat mobil pownis ini kalah dengan kendaraan-kendaraan pribadi. Sekarang mobil pownis yang tersisa sepengetahuannya hanya di @museumtimahindonesia.

Kemudian lambat lauh, mobil ini tak lagi berfungsi untuk mengangkut penumpang umum, sekarang beralih fungsi untuk mengangkut turis lokal maupun mancanegara untuk mengelilingi Kota Pangkalpinang dan melihat peninggalan-peninggalan sejarah yang ada di Bangka Belitung khususnya Kota Pangkalpinang.

Pesan Bintari yang tertulis di akun Instagramnya, ia mengajak pada generasi milenial untuk berwisata ketempat-tempat bersejarah.

“Klo mau jadi anak milenial gaul mainnya jangan ke Mall mulu sesekali yok wisata sejarah, itu baru anak bangsa Indonesia. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya,” tutupnya pada postingannya.

Penulis : Tahir

banner 600250

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait