KAI: Fokus Lestarikan Budaya Lokal, Perbaiki Kualitas Pendidikan Di Seluruh Indonesia

Jakarta, Swakarya.Com. Seiring dengan perkembangan industri 4.0 dunia saat ini sangat berkembang dengan cepat dan pesat, akan tetapi dunia pendidikan, sosial, dan kearifan lokal khususnya di Indonesia saat ini sangat terpinggirkan sekali banyak anak-anak Indonesia yang sangat kurang akan sejarah dan menghargai rasa cinta tanah air Indonesia yaitu melestarikan seni dan budaya.

Hal itu, termaktub dalam sebuah yayasan yang dibentuk oleh tiga orang sahabat yakni Harda Belly, Anisa Birza dan Ahmad Rama Efrizal sepakat mendirikan yayasan yang mereka namai dengan yayasan Kita Anak Indonesia (KAI) untuk menjawab permasalahan tersebut.

Yayasan tersebut didirikan sebagai upaya keharusan bagi generasi muda produktif untuk turut membangkitkan kembali semangat ke Indonesian.

“Kami Ingin anak Indonesia kedepan akan terus produktif dengan tantangan zaman dan tidak meninggalkan adat dan istiadat Indonesia juga,”. kata Ketua KAI Harda Harda Belly.

Terkait komunitas yang di bentuk dengan nama KAI, ia menjelaskan bahwa basik dari komunitas ini adalah wadah bagi sekumpulan anak muda yang berinisiatif membangkitkan aktifitas kebudayaan lokal yang ada di seluruh Indonesia.

“Harapan kami akan ada banyak senyum bagi anak-anak muda yang akan melestarikan budaya semisal adat permainan tradisional yang tidak dimiliki negara lain,”. Ujarnya.

Selain itu, ia mengatakan bahwa yayasan ini juga akan mewujudkan senyuman bagi selurub rakyat Indonesia dengan tidak meninggalkan budaya lokal lainnya.

Jika saat ini banyak anak-anak Indonesia sudah terpapar teknologi yang sudah begitu canggih. maka komunitas inilah yang akan membawa kembali senyuman anak-anak Indonesia, generasi muda Indonesia untuk mengembalikan lagi semangat budaya Indonesia, menjaga budaya lokal, adat istiadat yang ada di Indonesia.

Tak hanya turut melestarikan budaya lokal, komunitas ini juga ingin berkontribusi dalam perbaikan kualitas pendidikan bagi kaum yang kurang mampu seperti anak yatim dan duafa, dan juga difabel.

Adapun Visi dan Misi komunitas Kita Anak Indonesia sebagai berikut:

Visi
Mewujudkan insan muda berprestasi berbudaya yang unggul dalam menjaga kearifan lokal Indonesia

Misi
1.Meningkatkan SDM dan Fasilitas Pendidikan yang memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif yang handal

  1. Mengembalikan semangat ke indonesiaan dimana anak muda Indonesia dapat memiliki cita akan budaya.
  2. Membantu pemerintah dalam mewujudkan wajib belajar dan mengajak anak Indonesia untuk mencintai permainan tradisional lokal Indonesia. (Rilis/Ahmad)

Editor : Tahir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait