oleh

Dubas Berkelakar Jilid II, Targetkan Pengembangan Literasi Siswa

Pangkalpinang, Swakarya.com. Ikatan Duta Bahasa Kepulauan Bangka Belitung (IDUBASBABEL) kembali menggelar kegiatan Duta Bahasa Berdedikasi Langsung Mengajar (DUBAS BERKELAKAR) Jilid II, bertempat di SMP Negeri 9 Pangkalpinang, Kamis (25/7/2019).

Setelah sebelumnya sukses melaksanakan DUBAS BERKELAKAR Jilid I di Panti Asuhan Al-Ikhlas, kini ini giliran 70 siswa-siswi SMPN 9 Pangkalpinang yang diberikan motivasi terkait bagaimana menggunakan bahasa sesuai situasi dan tempatnya.

Seperti diketahui, DUBAS BERKELAKAR merupakan salah satu program kerja yang digagas oleh IDUBASBABEL berupa kunjungan ke berbagai instansi.

IDUBASBABEL yang ada dalam naungan Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung ini mengunjungi sejumlah sekolah dan instansi terkait untuk berkomunikasi langsung, berbagi pengalaman, dan belajar literasi bersama dengan siswa dan guru di berbagai lembaga pendidikan formal maupun non-formal.

Luthfie Rizky Utama selaku perwakilan IDUBASBABEL menyampaikan bahwa target sesungguhnya dari pelaksanaan ini adalah memberikan pemahaman literasi kepada generasi muda.

“Tentunya kita ingin memperoleh generasi-generasi yang unggul dalam bidang literasi karena kita ketahui bahwa literasi di Indonesia ini masih rendah, urutan 60 dari 62. Jadi kami ingin meningkatkan minat baca dan literasi bagi generasi muda agar tercapai generasi emas 2045,” ungkap Lutfhie.

“Program kerja lain yang akan kami jalankan dalam waktu dekat antara lain pembuatan Iklan Layanan Masyarakat, pelatihan dan pengajaran bahasa asing serta retorika publik untuk mengasah keterampilan nonteknis yang di perlukan mereka di masa depan,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMPN 9 Pangkalpinang, Akhmad Faisal mengungkapkan apresiasinya atas kedatangan IDUBASBABEL dalam memberikan materi dan pengalamannya.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat. Kehadiran Duta Bahasa sangat menginspirasi dan memotivasi siswa-siswi sehingga mereka bisa mencintai bahasa mereka sendiri dan menguasai bahasa asing,” ujarnya.

Selain memberikan motivasi menjadi generasi pintar kepada para siswa, IDUBASBABEL juga memberikan kesempatan bagi para siswa-siswi untuk berkompetisi dan mempraktikkan materi yang telah di berikan.

Penulis : Ryannico

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait