Dosen FE UBB, Diskusikan Peran ‘ABG’ dalam Membangun Keunggulan Bersaing bagi UMKM di Kota Pangkalpinang

FGD bertajuk “Upaya Optimalisasi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat melalui Penerapan Triplehelix Model”

Pangkalpinang, Swakarya.com. Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan pada tanggal 16 Juli 2019, bertempat di Hotel Puri 56 Pangkalpinang, membahas mengenai “Upaya Optimalisasi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat melalui Penerapan Triplehelix Model (Kajian pada UMKM di Pangkalpinang)”.

Ini merupakan skema Penelitian Dosen Pemula (PDP) yang dilakukan oleh Dosen Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Bangka Belitung (UBB) yang diketuai oleh Dian Prihardini Wibawa, S.E., M.M, dan Maya Yusnita, S.E., M.Si. sebagai anggota peneliti. PDP didanai oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Tahun Anggaran 2019.

Triplehelix Model sendiri merupakan model yang menekankan peran dan hubungan yang dekat antara tiga aktor, yakni pemerintah, industri dan universitas (akademisi) atau dikenal dengan istilah ABG. Universitas (akademisi) dapat menjadi pemimpin inovasi dalam perekonomian berbasis pengetahuan.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendiskusikan bersama sejauh mana peran ketiga pihak yaitu pemerintah, pelaku bisnis dan akademisi dalam membangun keunggulan bersaing bagi UMKM.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat mengkaji secara lebih dalam mengenai hambatan –hambatan yang dihadapi serta merumuskan strategi yang tepat dalam mengembangkan sektor UMKM khususnya di Kota Pangkalpinang.

FGD berjalan dengan sangat efektif, dimana beberapa perwakilan pelaku UMKM secara terbuka menyampaikan pandangan dan harapan ke depan, baik kepada pemerintah maupun pihak akademisi untuk mengembangkan UMKM yang telah cukup lama mereka geluti.

Tim peneliti mengkomandoi jalannya kegiatan secara aktif dengan menjembatani semua pandangan, masukan dan harapan yang disampaikan oleh ketiga pihak.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kota Pangkalpinang Nurledi, dan pihak akademisi dari dosen FE UBB, serta para pelaku dan pendamping UMKM di Kota Pangkalpinang.

Penulis : Maya Yusnita, S.E., M.Si.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait