3.913 Peserta Ikuti Tes UTBK Gelombang 1 dan 2 di UBB

*Peserta Diingatkan Untuk Daftar SBMPTN

Merawang, Swakarya.com. Selama sepuluh hari dari dua puluh sesi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) telah dihelat sejak 13 April – 26 Mei 2019.

Pelaksanaan UTBK Gelombang II di Universitas Bangka Belitung (UBB) memasuki hari terakhir dan telah ditutup pada Minggu (26/5).

Hampir setiap Sabtu dan Minggu, Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UBB disibukkan dengan pelaksanaan UTBK dari sesi pagi sampai dengan sesi siang. Tidak jarang beberapa kendala yang terjadi mulai dari jaringan listrik, pelanggaran peserta dan beberapa kendala lain, namun secara umum, dapat dicarikan solusi dan diselesaikan dengan baik. Dengan demikian, pelaksanan UTBK di UBB dapat dinyatakan berjalan dengan lancar dan kondusif.

Koordinator TIK UTBK UBB, Dr. Sucipto, MT, menyatakan, pelaksanaan ujian UTBK di UBB dan Belitung berjalan dengan baik, dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu suksesnya pelaksanaan UTBK hingga hari terakhir.

“Alhamdulillah, kita bersyukur atas terselenggaranya UTBK 2019, selaku Koordinator TIK saya mengucapkan terima kasih atas kerjasama semua pihak sehinga UTBK 2019 di UBB dan Belitung telah berakhir tanpa halangan yang berarti. Mohon maaf apabila dalam penyelenggaraan ada hal yang kurang berkenan. Semoga kita akan mendapatkan mahasiswa yang berkualitas serta memberikan manfaat bagi kemajuan UBB ke depan. barakallah. aamiin”, tulis Sucipto melalui pesan WA Grup panitia UTBK UBB, Minggu (26/5) sore.

Pengumuman hasil UTBK pada sesi 17-20 (25-26 Mei 2019) rencana akan diumumkan pada 1 Juni 2019 pukul 10.00 WIB, peserta bisa melihat perolehan nilainya dengan mengakses laman https://pengumuman-utbk.ltmpt.ac.id dengan menggunakan username dan password yang dipakai saat pendaftaran UBTK.

Hingga saat ini, panitia PMB UBB mencatat total sebanyak 3.913 peserta yang mengikuti tes UTBK di UBB yang terdiri dari gelombang 1 dan gelombang 2.

Salah seorang peserta UTBK gelombang II hari terakhir sesi sore, Anisa Nur Najua asal sekolah dari SMAN 1 Koba yang sembari belajar bersama rekan-rekannya menunggu waktu tibanya tes, mengakui kalau ini kedua kalinya Ia mengikuti tes UTBK dengan harapan kalau nilai UTBK yang kedua ini agar lebih besar dari sebelumnya dengan berbagai persiapan yang telah dilakukan diantaranya mengikuti Bimbel, dan terus belajar serta berdo’a, ungkap Anisa yang merupakan anak kedua dari tiga bersaudara.

Hal senada disampaikan Debora Anggita asal sekolah dari SMAN 1 Sungailiat, yang baru selesai mengikuti tes UTBK hari terakhir gelombang II sesi pagi mengungkapkan, “kalau persiapan sudah secara maksimal, tapi untuk ulangan ‘ujian’ saat ini sangat mendebarkan dan membutuhkan kosentrasi yang tinggi”, tuturnya.

Diingatkan juga bagi para peserta yang telah mengikuti tes UTBK harus mendaftar kembali untuk ikut ketahap selanjutnya dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), waktunya mulai dibuka 10 – 24 Juni 2019.

Tahapan pendaftaran SBMPTN 2019 dilakukan melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id dengan cara mengisi biodata, kecuali peserta yang sudah terdaftar di SNMPTN 2019. Memilih PTN dan program studi dengan ketentuan bahwa pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.

Mengunggah borang portofolio bagi pendaftar yang memilih program studi bidang seni dan olahraga. Tata cara pengisian borang portofolio dapat diunduh dari laman http://download.sbmptn.ac.id dan mengunggah dokumen lain sesuai dengan persyaratan pendaftaran SBMPTN 2019.

Eka Safitri yang juga peserta UTBK hari terakhir gelombang II, berharap Ia dan teman-teman seangkatan mendapat nilai terbaik dan juga berpesan kepada adik-adik kelas yang masih duduk di SLTA untuk benar-benar menyiapkan diri dan pergunakan waktu untuk terus belajar.

“Harapannya sih buat saya sendiri dan temen-temen seangkatan saya semoga nilainnya yang terbaik dan terus hasilnya besar-besar semua dan terima di PTN yang diinginkan, pesan juga buat adik-adik kelas supaya jangan sia-siainlah waktunya”, ungkap Eka asal sekolah SMAN 1 Sungailiat.

Bagi siswa yang belum diterima di UBB melalui jalur SBMPTN jangan berkecil hati, karna masih ada kesempatan terakhir dengan mengikuti jalur Mandiri (SMM PTN-Barat), dan dihimbau agar sesegera mungkin mendaftarkan diri secara online dengan mengikuti proses yang telah ditetapkan, karna pendaftaran jalur Mandiri telah dibuka tanggal 1 Mei – 16 Juli 2019. (Ags/Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait