PRM As-Salam Desa Zed Ajak Masyarakat Hidup Sehat dengan “GERMAS Fun Health”

Kesehatan akan terasa amat berharga ketika sakit

Swakarya.com. Pemuda Remaja Masjid As-Salam Desa Zed atau yang kerap kali dikenal dengan (PEREMAAZ), hidupkan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) untuk tumbuhkan kebiasaan hidup sehat di kalangan masyarakat, Minggu (21/7/19).

GERMAS merupakan gerakan nasional yang diprakarsai oleh Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI yang mengedepankan upaya promotif (promosi kesehatan), dan preventif (pencegahan penyakit) tanpa mengesampingkan upaya kuratif (pengobatan) – rehabilitatif (pemulihan) dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat.

GERMAS adalah suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Ada 7 (tujuh) indikator kegiatan GERMAS, diantaranya melakukan aktivitas fisik selama 30 menit, mengkonsumsi buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membesihkan lingkungan dan menggunakan jamban.

Tujuan umum dari GERMAS itu sendiri adalah untuk menurunkan beban penyakit, beban biaya pelayanan kesehatan, meningkatkan produktivitas finansial masyarakat untuk pengeluaran kesehatan.

Kegiatan yang dikemas dengan nama GERMAS Fun Health ini merupakan kegiatan rutin sekaligus salah satu program kerja jangka panjang PRM As-Salam Desa Zed Departemen Olahraga Seni dan Budaya (ORSENBUD), bekerja sama dengan tim GERMAS PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga), dan Posyandu Remaja Desa Zed yang dilaksanakan rutin setiap 1 (Satu) bulan sekali.

Salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan yaitu melakukan aktivitas fisik seperti senam selama 30 menit.

Kegiatan ini tidak hanya ditujukan untuk anak-anak PRM saja, melainkan untuk semua masyarakat khususnya pemuda-pemudi Desa Zed.

“Kesehatan akan terasa amat berharga ketika kita kehilangannya. Jaga sehatmu, sebelum datang sakitmu,” ujar Arda, Sekretaris ORSENBUD PRM As-Salam Desa Zed.

Penulis : Nova Mardiana (Kominfo PRM As-Salam Desa Zed)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait