Pengrajin Patung Di Yogyakarta, Bisnis UMKM yang Eksis Dibidang Kesenian

Penulis: Paramitha Faiza A dan Ignatius Soni Kurniawan / Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Selasa (13 September 2022) pukul satu siang saya menelusuri jalan Balecatur, dengan tujuan ke sebuah UMKM yang bertempat di dusun Pasekan ,Balecatur, Gamping, Sleman Yogyakarta.


Sampai disana saya disambut dengan pemilik usaha, saya disambut dengan baik dan ramah . Pemilik usaha ini Bernama Junaidi (38) . Saya memohon ijin kepada pemilik untuk melakukan observasi pada UMKM tersebut. Kemudian saya dipersilahkan oleh pemilik usaha dengan ramah . Perusahaan UMKM ini Bernama “ Juned Cor .”


Awal mula perusahaan ini didirikan oleh junaidi pada tahun 2011 dengan ilmu yang pernah didapatnya ditempat kerja yang dulu ,dengan tujuan membangun perusahan ini adalah ingin mengembangkan usaha sendiri dan menciptakan lapangan kerja yang baru . yang awalnya hanya memperkerjakan saudara dan temannya hinga bisa memperkerjakan banyak orang.


“ saya ingin mengembangkan usaha patung ini agar bisa berkolaborasi dengan seniman – seniman dijogja maupun diluar jogja dan bisa memperkerjakan orang orang disekitar saya sehinga lebih produktif” Ujar Junaidi
Dengan mengunakan bahan baku Alumunium dan Kuningan ini bisa membuat patung 50 atau bisa sesuai dengan pesanan yang diterimanya perharinya . Dengan modal awal kurang lebih Rp. 30.000.000,00 hingga bisa menghasilakan uang yang cukup besar setiap bulannya yaitu Rp.35.000.000,00 perbulannya bahkan bisa lebih tergantung pemesanan disetiap bulannya..

Metode pemasaran yang digunakan oleh pemilik yaitu dengan berkolaborasi pada seniman – seniman ,kolektor, dan menerima pesanan sesuai dengan keinginan pelangan.


“kelemahan yang saya alami ada dibahan baku pembuatan yang berasal dari luar kota sehinga dapat menyebabkan keterlambatan datangnya bahan baku dan mahalnya harga bahan baku” Ujar Junaidi
Kerajinan patung ini sangat laku dipasaran para seniman dengan hasil sangat bagus dan pengerjaan yang tepat waktu sehinga banyak seniman yang berkolaborasi dikerajinan patung ini. “ harapan untuk kedepanya bisa membesarkan kerajinan patung ini dan bisa melestarikan produksi patung dijogja maupun luar kota dan bisa menciptkan SDM bagi masyarakat sekitar” Ujar Junaidi
Dengan kisah ini kita belajar jangan pernah mudah menyerah dan jangan capek untuk belajar agar bisa mengembangkan karya atau usaha sendiri , dan bisa bermanfaat bagi orang lain . Dan dari UMKM ini kita juga harus bisa membantu membangkitakn usaha yang telah ada atau pun juga bisa malenjutkan karir seperti kak junaidi ini menciptakan UMKM untuk mengurangi pengangguran yang ada disekitarnya.(***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait