oleh

Menjaga Mata Agar Tetap Sehat Ketika Cuaca Panas, Ini Tipsnya!

Swakarya.com – Bukan hanya kulit wajah, mata juga memerlukan perawatan ketika cuaca panas terik. Hal ini dilakukan agar mata terhindar dari masalah seperti katarak, luka bakar, luka parut pada retina, hingga kanker mata.

Untuk menghindari penyakit mata tersebut, ada beberapa cara merawat mata dengan baik selama cuaca panas. Berikut rangkumannya, yuk simak!

  1. Lindungi sejak dini

80% dari paparan sinar UV akan terjadi sebelum usia 18 tahun, menurut sebuah studi oleh Organisasi Kesehatan Dunia, sinar UVA yang menyebabkan penuaan dini.

Untuk itu, penting untuk lindungi mata sejak usia dini. Mata anak muda lebih sensitif terhadap penyerapan UV dan di bawah usia 12 sangat rentan karena lensa di mata mereka belum terbentuk dengan baik.

  1. Lakukan pemeriksaan mata teratur

Cara terbaik untuk melindungi mata adalah dengan melakukan pemeriksaan rutin. Agar kita bisa tahu apakah terdapat masalah penglihatan atau kerusakan, seperti katarak, degenerasi makula atau kanker kulit, dan dapat menentukan masalah kesehatan lainnya seperti kolesterol tinggi dan bahkan diabetes. Dengan begitu, kita akan cepat mengantisipasi penyakit tersebut.

  1. Kacamata

Kacamata hitam bukan hanya untuk kita tampil gaya. Melainkan kacamata hitam dapat melindungi mata dari sinar UV.

  1. Polarized shades

Pertimbangan untuk menggunakan lensa Polarized, untuk menghalangi silau. Sebab, tak jarang kita sering menyipitkan mata ketika silau. Ini dapat menyebabkan kelelahan otot, sakit kepala, dan ketegangan mata.

  1. Berkendara dengan aman

Pastikan menggunakan kacamata hitam saat mengemudi. Penelitian mengungkapkan 80 persen orang kecelakan saat mengemudi akibat cahaya yang terlalu terang atau silau.

Sumber: Hello Magazine
Penerjemah: Ryannico

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait