Mau Masak Nasi Goreng Tidak Terlalu Berminyak? Simak 4 Tipsnya

Swakarya.com – Nasi goreng paling enak di santap selagi hangat. Tapi jika teksturnya terlalu berminyak, rasanya jadi kurang pas. Nasi goreng yang terlalu berminyak akan kurang nikmat di santap, bahkan lama kelamaan akan membuat eneg.

Agar tak terlalu berminyak, ada beberapa hal yang bisa dilakukan terhadap nasi goreng yang kita buat. Penggunaan minyak goreng perlu digunakan secara tepat. Tak hanya penggunaan minyak, beberapa hal ini juga perlu diperhatikan dalam pembuatan nasi goreng yang lezat tanpa minyak berlebih.

1. Gunakan Wajan dari Besi Tempa yang Tebal

Wajan dari besi tempa yang tebal bisa membuat nasi goreng matang merata. Nasi goreng yang dimasak tidak akan mudah menggumpal. Minyak yang digunakan juga bisa tercampur lebih rata dan memudahkan kita membuat takaran minyak yang pas dalam pembuatannya.

2. Tambahkan Bahan-Bahan yang Teksturnya Kering

Jika akan menggunakan sayuran, pastikan sudah benar-benar tiris. Daging dan sosis yang digunakan juga sebaiknya tidak terlalu basah atau berminyak. Jika menggunakan telur, kita bisa memasukkan telur setelah bumbu ditumis agar serapan minyaknya bisa lebih sempurna.

3. Gunakan Api Besar

Bila melihat abang-abang penjual nasi goreng keliling, kita sering menjumpai proses memasak nasi goreng dengan api besar. Nasi goreng bisa cepat matang dengan tekstur yang pas saat kita menggunakan api yang cenderung besar. Tapi bila kita khawatir nasi akan cepat gosong, kita bisa memanaskan wajan terlebih dahulu baru menumis bumbu nasi goreng.

4. Gunakan Mentega

Kita bisa mengganti minyak sayur dengan mentega untuk menumis bumbu nasi goreng. Penggunaan mentega bisa membantu mencegah nasi goreng agar tidak terlalu berminyak. Hanya saja mungkin rasanya memang akan jadi lebih gurih dan agak pekat bila menggunakan mentega.

Sumber: Fimela

Penulis : Ryannico

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait