IAIN SAS Babel Wakili Bangka Belitung di Ajang PIONIR IX 2019

*Diikuti 3.292 kontingen dari PTKIN seluruh Indonesia.

Swakarya.com. Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) IX 2019 resmi dibuka pada Senin (15/7/2019), bertempat di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, diikuti oleh mahasiswa dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Nasional (PTKIN) seluruh Indonesia.

Pertandingan akan berlangsung mulai tanggal 16-21 Juli 2019, dengan 4 kategori cabang lomba, yakni 7 cabang lomba ilmiah, 4 cabang lomba riset, 13 cabang lomba seni, dan 11 cabang lomba olahraga.

PIONIR IX ini diikuti oleh 58 PTKIN yang diantaranya, 7 Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), 34 Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan 17 Universitas Islam Negeri (UIN) seluruh Indonesia.

IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik (IAIN) Bangka Belitung sebagai salah satu PTKIN, ikut berpartisipasi dengan mengirimkan sebanyak 23 kontingennya serta didampingi oleh 8 official.

Rektor IAIN SAS, Dr. Zayadi, dan Wakil Rektor III Dr. Janawi, turut mendampingi. Wakil Rektor III, Dr. Janawi, memberikan semangat kepada kontingen IAIN SAS yang akan bertanding.

“Yang sudah selesai mengerahkan segala kemampuan, jangan bersedih dan putus asa. Masih ada hari esok. Kita jadikan PIONIR ini sebagai bahan evaluasi menyeluruh untuk menentukan tahapan dan strategi pembinaan berikutnya, baik PKM 2020 maupun PIONIR berikutnya 2021. Saya tetap memberikan apresiasi yang tinggi atas perjuangan semuanya,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor UIN Malang Abdul Haris dalam sambutannya mengatakan, PIONIR IX kali ini diikuti 3.292 kontingen, dan dalam penjurian bekerjasama dengan KONI dan Kemenpora.

“UIN Malang menjadi tuan rumah Pionir IX malam ini, dengan jumlah 3.292 atlet yang bertanding, 704 offical yang mendampingi, 38 venue pertandingan, 38 cabang lomba, serta melibatkan juri yang bekerjasama dengan KONI dan Kemenpora,” ucap Rektor UIN Maliki Malang.

Acara yang diselenggarakan dua tahun sekali ini mengusung tema ‘Spirit of Unitiy’ yang diharapkan agar diantara kontingen dapat mempererat tali silaturrahim serta memperteguh persatuan antar PTKIN.

Selain itu, Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin dalam sambutannya juga menegaskan bahwa PIONIR IX ini merupakan sebuah ajang dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) untuk NKRI.

Penulis: Adi Sugani

Editor: Ryannico

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait