Cara Menyimpan Gula Agar Tahan Lama Dan Tidak Mencair, Berikut Tipsnya!

Swakarya.Com. Gula adalah salah satu bahan yang wajib ada di dapur. Selain sebagai bumbu masakan agar setiap masakan terasa sedap, gula juga bermanfaat sebagai pemanis aneka makanan dan minuman.

Biasanya, gula di simpan dalam jumlah yang cukup banyak di dapur. Namun, ketika gula yang tak di simpan dengan baik serta jarang digunakan akan rentan mencair dan menggumpal dan di kerubuti semut.

Agar gula tahan lama dan tidak mencari, berikut cara mudah untuk menyimpan gula.

Cara Menyimpan Gula

  • Saat membeli gula, beli gula yang masih berkualitas baik. Pilih gula yang bersih dan tidak ada tanda gula menggumpal.
  • Sesampainya di rumah, segera simpan gula di wadah yang kering dan bersih. Wadah ini bisa berupa jar atau toples.
  • Simpan bersama daun jeruk kering atau cengkeh untuk membuat gula terhindar dari semut. Semut atau serangga lain tidak suka aroma daun jeruk dan cengkeh.
  • Simpan gula di tempat yang sejuk tapi kering. Hindari menyimpan gula di tempat panas seperti dekat kompor atau terkena sinar matahari langsung. Gula yang terkena panas akan rentan meleleh atau mencair.
  • Simpan gula di tempat yang jauh dari kelembaban. Gula yang disimpan di tempat lembab juga rentan mencair, menggumpal atau meleleh.
  • Saat mengambil gula, letakkan sendok gula khusus. Pastikan sendok dalam kondisi kering. Begitu juga dengan tanganmu. Mengambil gula dengan sendok dan tangan basah akan membuat gula rentan mencair dan menggumpal.

Itulah cara mudah untuk menyimpan gula di dapur agar tidak mudah mencair dan menggumpal. Semoga tips dapur ini bermanfaat.

Sumber: Fimela

Penulis : Ryannico

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait