oleh

Ajak Mahasiswa Jadi Relawan Pajak, FE UBB Gelar Kuliah Umum Bersama Kanwil DJP Sumsel-Babel

Merawang, Swakarya.Com. Fakultas Ekonomi (FE) UBB bersama Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan (DJP), kembali menyelenggarakan Kuliah Umum kepada Mahasiswa FE UBB, dengan menghadirkan narasumber Kepala Kanwil DJP Sumsel-Babel Dr. Ir. Imam Arifin, M.A, bertempat di ruang aula Gedung Rektorat, Kampus Terpadu UBB, Rabu (12/2) pagi.

Kegiatan kuliah umum ini dibuka langsung oleh Rektor UBB Dr. Ir. Muh Yusuf, M.Si., yang dihadiri oleh Dekan FE Dr. Reniati, S.E. M.Si., Wakil Dekan I dan II, Kepala Prodi, Dosen, dan Kabag TU FE, Kepala Bidang P2 Humas Kanwil DJP Sumsel dan Babel Heny Purwanti, Kepala KPP Pratama Bangka Edwin Warganingrat Mulia, Kepala KPP Pratama Pangkalpinang Krisnawiryawan Wisnu beserta jajarannya, serta dihadiri oleh sekitar 150 Mahasiswa FE UBB.

Rektor UBB Muh Yusuf dalam sambutannya sekaligus membuka acara kuliah umum sangat bersyukur dengan diadakan kegiatan ini, karna menurutnya Kanwil DJP Sumsel dan Babel masih memberikan kepercayaan yang luar biasa kepada UBB, sehingga mahasiswa UBB pun diajak untuk ikut terlibat dalam program DJP untuk menjadi relawan pajak.

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga akan memberikan pemahaman dan literasi bagi mahasiswa untuk lebih memahami tentang perbendaharaan terkait perpajakan. Karna menurutnya, berdasarkan UU pajak itu bersifat wajib serta mengikat bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Pajak itu sifatnya wajib, karna ada Undang-undangnya yaitu UU No. 28 Tahun 2007, disitu disebutkan pada Pasal 1 ayat 1, jadi pajak itu memang sifatnya wajib bagi rakyat Indonesia,“ pungkasnya.

Lebih lanjut, Rektor juga menyampaikan bahwa selain pentingnya kesadaran akan pajak, manfaat yang dirasakanpun akan luar biasa walaupun tidak berimbas pada individu. Dimana penerimaan negara dari sektor pajak ini, akan dipergunakan negara untuk kepentingan umum, seperti infrastruktur, fasilitas umum dan biaya lainnya yang akan dirasakan langsung oleh masyarakat nantinya.

“Kalau dilihat manfaatnya sangat besar sekali, walaupun tidak berimbas pada pribadi, karna ini adalah untuk kepentingan umum, inflastruktur, kepentingan pemerintahan dan kemakmuran masyarakat, maka tentu ini harus diberdayakan dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kanwil Sumsel dan Prov. Babel Imam Arifin menyampaikan rasa bangganya karena dapat berkunjung dan bersilaturrahmi ke Kampus Terpadu UBB.

Selain materi kuliah umum yang disampaikan kepada mahasiswa, Ia juga menyampaikan dan mensosialisasikan program-program dari Kementerian Keuangan.

“Sebenarnya ini silaturrahmi kami dari Kementerian Keuangan DJP untuk mensosialisasikan beberapa program kita,” tutur Imam.

Selain memperkenalkan struktur yang ada di Kanwil DJP, Ia juga berharap melalui Kuliah umum ini dapat memberikan pengetahuan tentang sadar pajak khususnya kepada Mahasiswa FE UBB.

Dalam materinya, Imam mengatakan bahwa pajak merupakan salah satu sumber utama pembiayaan negara dan merupakan salah satu sumber penerimaan negara yang dapat meningkatkan kemandirian bangsa untuk kesejahteraan rakyat.

Materi Kuliah Umum yang disampaikan langsung Kepala Sumsel dan Prov. Babel memberikan aura positif tersendiri bagi para peserta, hal ini terlihat dari semangat serta antusias peserta menyimak setiap materi yang disampaikan dan penuh interaktif.

Selain memaparkan materi dengan menampilkan slide terhadap tugas pemerintah dalam meningkatkan kualitas dan perbaikan fasilitas umum, serta berbagai subsidi yang dirasakan masyarakan, salah satunya dengan menggunakan anggaran dari sektor pajak.

Dalam acara tersebut, Imam juga meresmikan Tax Center UBB sebagai pusat informasi perpajakan dan dilanjutkan dengan pelantikan Relawan Pajak Tahun 2020. 

Para relawan tersebut sebelumnya telah diberikan training/pelatihan terkait dengan tugas-tugas yang akan mereka lakukan. Dengan adanya para relawan pajak tersebut akan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya peran pajak untuk negara.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan inovasi, serta senantiasa meningkatkan semangat para relawan dalam membantu berbagai aktivitas dan meningkatkan pemahaman terkait perpajakan yang nantinya akan sangat bermanfaat diterapkan ketika berada di dunia kerja.

Suasana semakin meriah saat panitia membagikan doorprise bagi peserta yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar. Dirangkaian acara tersebut dilakukan juga penukaran cinderamata antara UBB dengan pihak Kanwil DJP Sumsel dan Prov. Babel, serta dilanjutkan dengan foto bersama. (Rls/Ags/Humas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait