oleh

Mengurangi Bau Amis Ikan Dengan Bumbu Masakan, Simak Beberapa Bahannya!

Swakarya.Com. Ikan, salah satu bahana makanan yang lezat dan bergizi tinggi apabila diolah menjadi berbagai masakan yang menggugah selera. Dengan tingginya nutrisi yang terkandung, ikan dipercaya baik dikonsumsi untuk kecerdasan otak.

Meski ikan menjadi salah satu makanan yang enak dan kaya nutrisi, tidak sedikit orang yang kurang suka makan ikan mengingat bau ikan yang amis. Jika saat memasak kita tidak pandai-pandai memakai bumbu rempah yang ada, bisa dipastikan ikan akan memiliki bau yang amis dan menurunkan selera makan kita.

Untuk mengurangi bau amis pada ikan, ada beberapa bumbu masakan yang bisa mengurangi bau amis tersebut. Tambahkan sedikit bumbu ini ke dalam masakan ikan dan bau amisnya akan sedikit berkurang.

Bumbu masakan untuk mengurangi bau amis ikan

Jahe

Bumbu masakan pertama adalah jahe. Jahe bisa menyamarkan aroma amis pada ikan. Menggunakan bumbu jahe cukup dengan cara memarkan jahe dan memasukkannya ke dalam masakan ikan.

Jeruk Nipis

Air perasan jeruk nipis bermanfaat mengurangi bau amis ikan. Tak hanya itu saja, air jeruk nipis juga bermanfaat memberi rasa segar pada masakan ikan.

Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh juga bisa mengurangi bau amis pada masakan ikan. Belimbing wuluh juga bermanfaat memberi sensasi rasa segar dan menggugah selera pada masakan ikan terutama untuk masakan ikan berkuah santan atau ikan asam.

Merica

Jika ingin mendapatkan masakan ikan dengan cita rasa pedas khas dan aroma lebih wangi, tambahkan sedikit merica ke dalam masakan ikan. Selain menyamarkan aroma amis ikan, merica bermanfaat sebagai pengganti cabai untuk memberi cita rasa pedas masakan ikan.

Lengkuas

Lengkuas juga merupakan bumbu masak yang bisa mengurangi bau amis ikan. Lengkuas juga akan memberikan sensasi rasa khas pada masakan ikan maupun daging.

Batang Serai

Aroma wangi batang serai bermanfaat mengurangi aroma amis pada ikan. Batang serai bahkan bisa membuat cita rasa masakan ikan lebih berasa dan kaya rempah.

Air Cuka

Air cuka juga bermanfaat mengurangi bau amis pada masakan ikan. Tambahkan beberapa tetes air cuka ke dalam masakan ikan untuk mengurangi bau amisnya.

Daun Bawang

Bau amis pada ikan akan berkurang ketika kita menambah daun bawang ke dalam masakan ikan. Daun bawang juga bermanfaat membuat cita rasa masakan ikan jadi lebih gurih dan menggugah selera.

Tomat

Iris buah tomat menjadi beberapa bagian kemudian masukkan ke dalam masakan ikan. Selain mengurangi aroma amis ikan, buah tomat juga bermanfaat memberikan cita rasa masakan ikan lebih segar dan enak.

Daun Jeruk

Tambahkan dua lembar hingga tiga lembar daun jeruk ke dalam masakan ikan. Daun jeruk akan menyamarkan aroma amis ikan. Daun jeruk juga akan membuat aroma masakan ikan lebih harum serta menggugah selera.

Itulah beberapa bumbu masakan yang bermanfaat mengurangi aroma amis pada masakan ikan. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba memasak ikan yang tak terlalu amis.

Sumber: Fimela

Penulis : Ryannico

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait