by

Lembaga Pers Mahasiswa UBB Hadirkan Muhammad Tahir Redaktur Swakarya.Com dan Ketua KOSADA Babel

Merawang, Swakarya.Com. UKM lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Universitas Bangka Belitung mengadakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut (PJTL) dengan tema “Mengembangkan Jiwa Jurnalistik Demi Membuka Jendela Dunia”, di Gedung UPT Bahasa UBB, Sabtu (19/10).

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut ini diikuti sebanyak 29 peserta, dimana pesertanya merupakan anggota Lembaga Pers Mahasiswa Universitas Bangka Belitung Angkatan 2018.

Pada Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjutan ini peserta mendapatkan materi pembuatan berita dan opini yang ideologis, Simulasi Peliputan dan Penulisan serta Dinamika Pergerakan Kampus.

Narasumber pada pelatihan kali ini, Lembaga Pers Mahasiswa Universitas Bangka Belitung mendatangkan Jurnalis Muda Muhammad Tahir, S.Sos yang sekarang menjabat sebagai Redaktur di media milenial Swakarya.Com dan sebagai Ketua KOSADA Babel.

Taher sapaan akrab Muhammad Tahir menjelaskan, jurnalistik adalah kegiatan menyampaikan pesan atau berita kepada khalayak atau massa melalui media komunikasi yang diorganisir seperti media cetak dan elektronik.

Ia juga mengatakan bahwa berita yang ditulis oleh seorang Jurnalis harus bedasarkan fakta yang terjadi sebenarnya, yaitu fakta empiris berdasarkan realitas dan pendapat orang lain atau narasumber.

Taher menambahkan bahwa dalam Proses Peliputan dan Penulisan sebuah berita haruslah dilakukan dengan sistematis.

“Wawancara, Observasi, Jajak pendapat (POOLING), Studi Kepustakaan, survey/Penelitian serta Rumus-Rumus 5W+1H merupakan sistematis dalam Peliputan dan Penulisan sebuah berita,” tambahnya.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab peserta PJTL dan kemudian penyerahan plakat atau cenderamata oleh Ketua Pelaksana PJTL UKM LPM UBB kepada Muhammad Taher sebagai pemateri.

Penulis: Haritsyah

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Terkait