Kampung Bahari Nusantara, Sinergi Pemkab Sergai-Lantamal I Belawan Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Tanjung Beringin, Swakarya.com, Kawasan pantai di Desa Bagan Kuala ini dulunya hanya jadi tempat warga yang ingin memancing atau cari ikan saja. Berkat program Kampung Bahari Nusantara yang diinisiasi oleh TNI Angkatan Laut (AL) lewat Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan, Desa Bagan Kuala mengalami perubahan positif yang drastis.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya saat ikut dalam kegiatan bersepeda santai sekaligus menyaksikan Festival Layang-layang dan Lomba Dangdut, yang diselenggarakan di Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Minggu (9/10/2022).

Bupati Sergai mengklaim, statusnya sebagai Kampung Bahari Nusantara membuat perekonomian masyarakat Bagan Kuala mengalami kemajuan. Dirinya menjelaskan, program Kampung Bahari Nusantara merupakan program TNI AL. Program ini sudah dilaksanakan di seluruh wilayah oleh komandan-komandan pangkalan, baik Lantamal maupun Lanal, di seluruh jajaran. Ia memproyeksikan, tahun depan infrastruktur jalan di desa ini akan segera dibangun untuk semakin menunjang peningkatan yang sudah ada.

“Terima kasih atas kontribusi TNI AL, terkhusus kepada Danlantamal I Belawan, berkat kehadirannya telah membangun desa ini. Kami dari Pemkab Sergai akan melanjutkan apa yang sudah diawali degan baik, agar Kampung Bahari Nusantara Desa Bagan Kuala lebih maju dan berkembang,” ujar Bang Wiwik, sapaan akrab Bupati.

Danlantamal I Belawan Laksamana Pertama (Laksma) TNI Johanes Djanarko Wibowo menerangkan jika Kampung Bahari Nusantara ini merupakan salah satu wujud komitmen pihaknya untuk memberi kontribusi di manapun berada. Desa Bagan Kuala ini merupakan Kampung Bahari Nusantara yang mewakili TNI AL di wilayah barat.

“Kami sampaikan apresiasi kepada Pak Bupati dan masyarakat desa yang telah memberikan dukungan. Apa yang kami lakukan ini merupakan bentuk keinginan untuk ikut meningkatkan kesejahteraan warga,” ujarnya.

Laksma Johanes juga mengatakan, pada momen ini pihaknya juga memberikan bantuan kepada para nelayan sekitar untuk pemberdayaan udang dan kerang.

“Prosesnya nanti akan kami dampingi dan awasi dengan harapan hasil yang didapat lebih baik lagi,” pungkasnya.

Rangkaian kegiatan diawali dengan bersepeda dari Kantor Camat Tanjung Beringin  menuju Pantai Merdeka, Desa Bagan Kuala. Kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon mangrove. Kegiatan berlanjut dengan Festival Layang layang dan Kontes Dangdut yang dibuka oleh Bupati Sergai.

Kegiatan ini juga dihadiri para pejabat utama Lantamal I Belawan, Sekdakab Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, para Asisten, Staf Ahli, Para Kepala OPD, Forkopimda Sergai, serta para masyarakat sekitar. (Media Center Sergai).(Liberti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait