Erwin Djali Hibahkan Buku Tentang Babel Ke Perpustakaan Nasional RI

Jakarta, Swakarya.Com. Kemarin (10/10), Erwin Djali asal Pulau Bangka yang tinggal di Jakarta menghibahkan beberapa koleksi bukunya tentang Bangka Belitung (Babel) ke Perpustakaan Nasional RI.

Erwin Djali ini dikenal salah satu penikmat buku dan Kolektor buku-buku langka sekaligus pembaca yang rakus, khususnya buku-buku melayu, sejarah dan buku-buku lainya.

Ia menjadi kolektor buku sudah cukup lama sejak tahun 1996 sampai sekarang, termasuk buku-buku dari Babel yang ditulis oleh penulis lokal Bangka Belitung.

Buku yang dikoleksi oleh Erwin Djali ia dapatkan dilapak buku bekas di Jakarta, penjualan buku online, beli langsung di Pulau Bangka dan dikasih langsung gratis oleh penulisnya.

Foto: Buku Zona Merah Mahasiswa yang ditulis oleh Muhammad Tahir asal dari Babel

Untuk itu, Erwin Djali menghibahkan buku miliknya, karena ia prihatin melihat buku-buku tentang Babel di Perpustakaan Nasional di Jalan Merdeka Selatan di lantai 24, sedikit sekali, dan masih banyak rak yang kosong raknya.

“Dari lima tingkat rak yang terisi buku-buku BangkaBelitung hanya beberapa saja, oleh karena itu Erwin menghibahkan buku-bukunya ke Perpustakaan Nasional untuk diakuisisi,” tuturnya kepada wartawan Swakarya.com, Jumat (11/10/2019).

Erwin Djali menyerahkan langsung buku itu yang diterima oleh Emyati Tangke Lembang selaku Kepala Bidang Akuisisi dan didampingi oleh staff Perpustakaan Nasional bagian akuisisi, Mujiani.

Erwin Djali berharap dengan adanya buku-buku Babel ada di Perpustakaan Nasional, masyarakat Indonesia bisa mengenal Babel lebih luas, anak-anak sekolah dan mahasiswa kalau ke perpustakaan nasional bisa membaca buku tentang Babel dan bisa menjadi bahan atau referensi penelitian tentang Bangka Belitung Kedepanya.

“Bangka Belitung dimanapun berada, punya koleksi buku tentang Babel mari kita menghibahkannya ke perpustakaan nasional,” pungkasnya.

Penulis: Tahir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait