oleh

Bangka Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak 2019

Bangka, Swakarya.com. Forum Anak Nasional (FAN) ke-10 yang mempertemukan 6500 anak dari 514 Kabupaten/ Kota se-Indonesia, resmi ditutup pada Selasa (23/7) malam, bertempat di Benteng Fort Rotterdam, Ujungpandang, Makassar.

Pada kesempatan itu, dilakukan penyerahan penghargaan kepada Kabupaten/ Kota yang mendapatkan predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) 2019, termasuk Kabupaten Bangka.

Penghargaan diterima langsung oleh Wakil Bupati Bangka, Syahbudin yang diserahkan langsung oleh Menteri PPPA RI, Prof Dr Yohana Kambise. 

Wakil Bupati Bangka, Syahbudin mengatakan, atas predikat ini maka Pemerintah Daerah (Pemda) Bangka sudah menyediakan berbagai fasilitas yang ramah anak.

“Kita sudah membangun ruang tempat bermain anak taman kota, ruang tempat bermain dan berolah raga di hutan lindung, dan sekarang tambah berbenah lebih baik seperti tempat foodcort, dan tempat bacaan bagi pengunjung di hutan lindung,” ujar Syahbudin.

PLH DP2KBP3A Kabupaten Bangka, Boy Yandra mengatakan bahwa Pemkab Bangka sudah berbenah jauh jauh hari sebelum ada tim pusat yang datang pada bulan Mei 2019 lalu, mulai dari persiapan semua administrasi yang mendukung persyaratan KLA, sampai dengan melengkapi data pendukung setelah verifikasi oleh tim selama 2 hari.

“Kita sudah jauh jauh hari memverifikasi data dan foto fisik yang diminta. KLA ini tidak bisa kita libatkan hanya Pemerintah sendiri, namun semua pihak harus terlibat. Pemda bersama stakeholder, semua OPD, NGO, LSM dan Media Massa juga mempunyai peran yang sama mendorong Kabupaten Layak Anak,” ujar Boy Yandra.

Menurutnya, kedepan Bupati Bangka sudah menyiapkan anggaran khusus anak-anak seperti pembentukan sekolah ramah anak, tempat bermain anak di Hutan Lindung dengan bantuan CSR dari Bank Sumsel Babel. 

Selain itu DP2KBP3A Kabupaten Bangka pun akan menggelar kegiatan Hari Anak Indonesia pada 24 Juli hingga 3 Agustus 2019 bersinergi dengan PKK, Dharma Wanita Kabupaten Bangka dan PDAM Tirta Bangka.

Kepala Bappeda Kabupaten Bangka, Pan Budi Marwoto sebagai Ketua KLA memberikan apresiasi dengan diraihnya Kabupaten Bangka sebagai KLA.

Dalam moment ini, Pan Budi mengatakan akan berupaya meningkatkan anggaran di bidang KLA terutama di sekolah sekolah seperti zebra cross, taman hijau, tempat istirahat di taman sehingga anak-anak bisa terwakili di dalam lingkungan, dan merasa tenang dalam menuntut ilmu.

“Kami memberikan apresiasi dengan diraihnya Bangka sebagai KLA oleh Mentri PPPA RI dan sudah berupaya meningkatkan anggaran di bidang KLA terutama di sekolah, zebra cross, taman hijau, tempat istirahat di taman  sehingga anak-anak bisa terwakili di dalam lingkungan, dan merasa tenang di dalam menuntut ilmu disekolah di wilayah Kabupaten Bangka. Insya Allah tahun ini Perda Anak akan disahkan oleh DPRD bangka,” jelas Pan Budi.

Sementara itu, pada kegiatan Hari Anak Indonesia nanti kata Boy, pihaknya akan menggelar rangkaian kegiatan berupa Talent Show, Lomba Grafiti, Lomba Lego, Lomba Kerajinan Tangan dan lomba untuk anak disibalitas, permainan tradisional, bazar buku, dan bazar produk anak. 

“Rangkaian kegiatan dan perlombaan akan kami gelar dari tanggal 24-03 Agustus 2019 bersinergi dengan Ketua PKK, Dharmawanita serta PDAM Tirta Bangka Bangka. Kegiatan nanti akan digelar di Kantor DP2KBP3A Kabupaten Bangka dan untuk Bakti sosial digelar di Panti asuhan dan SDLB,” jelasnya.

Kegiatan ini pun nantinya turut mengundang Kementrian PPPA dan staff ahli Menteri di bidang pembangunan Bangsa, Sridanti pada 24 Juli 2019 di OR Bina Praja untuk mendiskusikan tema tentang eksploitasi anak melalui cyber/online. (Lio)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait