oleh

Atlet Jangan Terjebak Zona Nyaman, Yuk Coba Berwirausaha

Swakarya.Com. Masa kejayaan atlet ditentukan dari masing-masing individu. Namun, bagaimana saat masa aktif atlet berakhir? Perlu strategi tersendiri bagi atlet agar tidak terpuruk secara ekonomi setelah tidak lagi aktif.

Salah satu yang perlu ditanamkan meski masih menjadi atlet adalah mental berwirausaha. Seperti yang dilakukan Febrika, Atlet Polo Air Nasional sekaligus pemilik Urbano, yang sudah memulai usaha di bidang pakaian dalam meski masih aktif sebagai atlet.

“Aku ingin menanamkan stigma baru di masyarakat, yaitu atlet juga punya masa depan yang cerah, tidak berhenti ketika masa kejayaan seorang atlet sudah berakhir saja,”ungkapnya dalam Webinar Atlet Berwirausaha? Pasti Bisa Jilid 2, Rabu, 17 Februari 2021 lalu.

Bersama OK OCE Indonesia, Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) , serta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

Febrika juga pernah mencoba untuk bekerja, namun dirinya lebih memilih berwirausaha dengan usaha pakaian dalam, Urbano. Toko Urbano hadir di Tanah Abang, Jakarta.

Sebelum pandemi melanda, toko ini memiliki omzet yang pesat, namun, adanya pandemi sangat berdampak pada usahanya, penurunan omzet drastis.

Tidak mau terus terpuruk, akhirnya Febrika berinisiatif untuk berjualan online di beberapa marketplace.

“Kalau jualan di marketplace itu kan cakupan jaringannya cukup luas sehingga inilah cara aku bertahan selama pandemi, dan kini pendapatan mulai stabil kembali, ” ungkap atlet kelahiran 1996 silam ini.

Selain Febrika, Naima yang juga atlet rendang indah nasional menjelaskan dirinya memulai usahanya dengan lukis sepatu ketika ia duduk dibangku sekolah.

Menurutnya, melukis merupakan salah satu ungkapan emosinya yang dituang dalam kreativitas.

“Merasa senang ketika melukis dengan detail, karena bagi aku itu adalah suatu hal yang satisfying untuk dilakukan,”kata Naima.

Usaha yang ia mulai pun berasal dari apa yang menjadi hobinya sendiri. Hal ini bisa menjadi inspirasi usaha bagi masyarakat yang masih bingung ingin memulai usaha apa.

Menjadi seorang wirausaha, Naima berharap dapat menginspirasi banyak orang agar tetap berkreasi. “ Jangan cepat putus asa. Harus tetap berkreasi. Jangan takut gagal, coba jalanin dulu aja,” ungkapnya.

Teguh Anantawikrama, Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Bidang Koperasi dan UMKM yang juga hadir dalam acara ini menyampaikan

“Teman-teman yang baru ingin mulai berusaha bahwa yang paling penting adalah kita harus berani untuk bermimpi, dengan adanya mimpi, maka seseorang akan menjadi lebih fokus dalam menjalankan segala sesuatu yang dituju. Seperti halnya seorang atlet yang punya mimpi, maka mereka akan berusaha agar mimpinya tersebut tercapai,”tutup Teguh.

Webinar ini merupakan lanjutan dari acara sebelumnya, Atlet Berwirausaha? Psdti Bisa Jilid satu, dengan mengusung tema mengajak atlet untuk tidak takut berwirausaha. Kegiatan ini diselenggarakan atas inisiasi dari PRSI, KADIN Indonesia serta gerakan sosial OK OCE Indonesia.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait