Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Konten, Pemkab Sergai Gelar Bimtek dan Hadirkan Praktisi

SEI Rampah (Swakarya.com ) Dalam rangka meningkatkan kompetensi pengelola konten pemerintahan sekaligus mendukung diseminasi informasi pembangunan, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kapasitas Sumber Daya  Komunikasi Publik  Bagi Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi (PPID) Pelaksana Dan  Admin Media Sosial Serta Website di Lingkungan Pemkab Sergai.

Bimtek ini dibuka oleh Bupati Sergai H. Darma Wijaya, Selasa (15/11/2022), bertempat di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah. 

Hadir dalam kegiatan ini di antaranya Sekdakab H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP,  Asisten Ekbang Drs Nasrul Azis Siregar,  Asisten Administrasi Umum Ir. Kaharuddin, MM, dan Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, H Henry Suharto, S.Sos, Kaban Kesbangpol M. Kahar Efendi, S.Sos, para Camat, Sekretaris OPD, dan perwakilan OPD.

Dalam sambutannya, Bupati Sergai menyampaikan informasi merupakan salah satu aspek penting dalam proses pembangunan daerah. Diseminasi atau distribusi informasi yang baik perihal proses kerja dan hasil pembangunan daerah, menurutnya dapat menimbulkan citra positif sekaligus menghimpunan dukungan dari masyarakat luas.

“Di tengah keterbukaan informasi yang jauh lebih transparan dibanding beberapa dekade lalu, pemerintah mesti mampu beradaptasi. Perkembangan teknologi, terutama dalam bidang informasi, yang begitu pesat tentu perlu disikapi dengan adaptif oleh pengelola konten pemerintahan,” ucap Bupati.

Darma Wijaya melanjutkan, kanal informasi yang tersedia, entah itu media tradisional seperti surat kabar, televisi, radio, maupun saluran kekinian yang lebih populer semacam website dan sosial media perlu digunakan secara maksimal.

Baginya, pemerintah mesti mampu menginformasikan sekaligus mengkomunikasikan berbagai kerja dan capaian yang telah diraih agar masyarakat menyadari jika pemerintah daerah sudah menjalankan amanah publik dan undang-undang lewat kebijakan dan hasil pembangunan.

“Kesadaran ini diharapkan nantinya dapat mendorong masyarakat untuk solid mendukung pemerintah untuk bersama-sama membangun daerah sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing. Dukungan dari masyarakat tentu akan menjadi bahan bakar dan pelecut bagi pemerintah daerah untuk terus menjaga konsistensi kinerja yang terbaik bagi masyarakat,” tambah Bupati yang akrab disapa Bang Wiwik ini.

Kemudian Bupati menyampaikan, dalam proses menuju kondisi ideal tersebut, diperlukan pengetahuan dan penguasaan pengelolaan konten yang baik oleh para sumber daya manusia (SDM) yang bertanggungjawab menanganinya di lingkungan pemerintahan. Bukan apa-apa, menurutnya proses pengelolaan konten, apalagi dalam lingkup birokrasi pemerintahan, memiliki kaidah dan karakterstik yang agaknya berbeda dibandingkan aktivitas serupa pada, misalnya saja, sektor komersil.

“Untuk itu saya berharap, para peserta PPID pelaksana dan admin media sosial serta website di lingkungan Pemkab Sergai dapat mengikuti kegiatan ini secara maksimal. Serap ilmu yang diperlukan sebaik-baiknya agar nantinya dapat diaplikasikan dalam kerja publikasi. Semoga lewat pengelolaan konten yang berkualitas, kerja pemerintahan dalam mewujudkan Sergai yang Maju Terus: Mandiri, Dejahtera, dan Religius, dapat terwujud,” tandas Bang Wiwik.

Sementara itu dalam laporan kegiatan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sergai Drs. H. Akmal, AP, M.Si menyampaikan pelaksanaan kegiatan ini bertujuan sebagai upaya memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada seluruh peserta pentingnya informasi pembangunan yang disebarluaskan kepada masyarakat luas. Selain itu ia menjelaskan, Bimtek ini juga bertujuan memberikan pemahaman kepada peserta kegiatan agar menyampaikan informasi secara baik dan sesuai dengan kaidah pemberitaan.

“Yang tak kalah penting, pelaksanaan kegiatan hari ini bertujuan untuk mempererat tali silaturrahim, kekompakan dan kebersamaan antara sesama peserta Bimtek dalam upaya menjalankan tugasnya mempublikasikan informasi pembangunan di Kabupaten Sergai demi mewujudkan Sergai yang Maju Terus,” katanya.

Kegiatan Bimtek peningkatan kapasitas sumber daya komunikasi publik ini dilaksanakan selama 2 hari mulai 15-16 November. Pada hari pertama, kegiatan menghadirkan narasumber yaitu Sekdakab Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP dan Ketua Komisi Informasi Daerah Provinsi Sumatera Utara Dr. Abdul Harris, SH, MKN. Sedangkan hari kedua, narasumber yang hadir adalah praktisi media sosial Dr. Meirisa Anggia Siregar, S.Sos, M.Si dan Pemimpin Redaksi Tribun News Medan, Iin Solihin. (Media Center Sergai).(Liberti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait