by

Peringatan! Awas Puluhan Akun Penipu Mencatut PT. Pegadaian Gentayangan di Medsos


*Penipuan mengatasnamakan PT. Pegadaian beredar di Medsos

Swakarya.com–Aksi penipu dalam mengelabui warganet dengan berbagai cara. Salah satunya penipu mengatasnamakan akun pegadaian beredar luas  di media sosial.

Awalnya akun bodong ini, mengaku memiliki barang lelangan Pegadaian yang siap dijual dengan harga murah. Barang yang di jual dari emas, HP, hingga barang-barang eletronik lainnya.

Akun-akun penipu itu, ditemukan ‘bermain’ di facebook, twitter, hingga instagram. Logo pegadaian juga dicantumkan di akun mereka.

“Ada 30-an akun (palsu),” kata Kepala Humas Pegadaian Basuki Tri Andayani dalam keterangannya, Jumat (12/7) diambil dari Kumparan.com

Pihak Pegadaian sendiri, beberapa kali menerima aduan dari berbagai pihak salah satunya masyarakat. Dengan begitu, mereka (Pegadaian)  turun lapangan mencoba konfirmasi langsung masyarakat menanyakan akun-akun yang menawarkan barang lelangan.

“Pegadaian tidak melakukan lelang melalui media sosial. Saat ini banyak akun yang mencatut nama Pegadaian serta menggunakan foto dan membuat ID card palsu untuk melakukan penipuan,”. Beber Basuki, dikutip dalam kumparan.com

Menurutnya, Pihak Pegadaian meminta masyarakat agar tak sungkan melapor atau mengonfirmasi lebih dahulu bila ada akun yang mengaku menjual barang lelangan pegadaian. Konfirmasi dapat dilakukan dengan menghubungi ke nomor call center pegadaian atau ke akun resmi pegadaian.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan Cybercrime Mabes Polri,” tutup dia

Sumber : Kumparan
Editor    : Tahir

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait