Gelar Rapat Teknis dan Evaluasi, KPID Babel Dorong Persaingan Usaha Sehat Antar Lembaga Penyiaran Radio

Swakarya.Com, Sungailiat. Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kepulauan Bangka Belitung mengelar kegiatan Rapat Teknis dan Evaluasi Lembaga Penyiaran Radio di Pantai Batu Bedaun, Sungailiat, Senin, 14 November 2022.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh komisioner KPID, Sudarman selaku Kepala Diskominfo Provinsi Bangka Belitung, dan Afif Fauzi selaku Kepala Lokamonitor Pangkalpinang beserta lembaga penyiaran radio yang ada di Bangka Belitung.

Dalam kegiatan ini turut hadir juga ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui virtual google meet sekaligus membuka kegiatan Rapat Teknis dan Evaluasi Lembaga Penyiaran Radio se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung H. Herman Suhadi menyampaikan selamat atas terselenggarannya Rapat Teknis dan Evaluasi Lembaga Penyiaran Radio se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Di era distrupsi informasi masyarakat sangat kaya akan mendapatkan berbagai informasi. Dengan kekayaan informasi ini terkadang masyarakat menjadi bingung apakah informasi itu benar atau salah. Maka peran dari Lembaga Penyiaran Radio sebagai Ruang Media Informasi yang akurat dan kredibel bisa meluruskan informasi di tengah tengah masyarakat,” ujarnya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini bisa terus meningkatkan semua sisi di lembaga penyiaran radio di Bangka Belitung.

“Saya apresiasi kepada Lembaga Penyiaran Radio yang terus konsisten terus mengudara di tanah Bangka Belitung. Dengan mengucapkan bismillah Rapat Teknis dan Evaluasi Lembaga Penyiaran Radio Sebangka Belitung saya buka,” ujarnya.

Sabpri Aryanto selaku Koordinator Bidang Pengelolaan Struktur dan System Penyiaran (PS2P) KPID Babel mengatakan, kegiatan rapat teknis dan evaluasi ini salah satu bentuk bagaimana KPID mengevaluasi lembaga penyiaran dari hasil monitoring dan evaluasi yang telah dilakukan oleh KPID Kepulauan Bangka Belitung berapa waktu yang lalu.

“Kegiatan yang mengangkat tema “esensi dan manfaat lembaga penyiaran dalam menjamin masyarakat memperoleh informasi” menjadi evaluasi bagi lembaga penyiaran radio serta KPID untuk terus mendorong persaingan usaha sehat antar lembaga penyiaran,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, menghasilkan beberapa rekomendasi untuk lembaga penyiaran radio yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kegiatan ini juga mendorong gerakan #AyoDengarRadio KPID Kepulauan Bangka Belitung menuju satu suara berjuta telinga.

Sementara Imam Ghozali selaku Ketua KPID Kepulauan Bangka Belitung menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan atas dasar monitoring KPID ke Radio beberapa bulan yang lalu, diantaranya ke Bangka Tengah, Pangkalpinang, Bangka Selatan, Bangka Barat, Kabupaten Bangka, serta Melalui Google Meet untuk Belitung dan Belitung Timur.

Dari kegiatan, KPID memberikan hasil rekomendasi kepada seluruh Lembaga Penyiaran Radio.

“Dari rekomendasi ini semoga di tahun berikutnya ada perbaikan perbaikan di tubuh Lembaga Penyiaran Radio karna Radio merupakan elemen penting dalam memberikan informasi kepada masyarakat serta masih menjadi sumber rujukan informasi yang baik dan benar bagi masyarakat,” imbuhnya. (Sudja)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait