oleh

Transaksi Digital Bantu Pertumbuhan UMKM Di Babel

Penulis : Linda Dewinta Jurusan Akutansi Fakultas Ekonomi UBB

Di zaman sekarang, zamannya era digital yang semakin berkembang perlahan telah menggeser cara untuk bertransaksi. Kini, semua masyarakat tidak perlu repot membawa uang dan dompet untuk bertransaksi.

Namun sekarang yang dibutuhkan hanya smartphone, cukup scan QR code transaksi pun berhasil.

Di industri 4.0 ini sudah banyak masyarakat yang melakukan pembayaran menggunakan mesin QR. Tidak terkecuali di Indonesia sendiri.

Dengan adanya campur tangan generasi milenieal, mesin QR sudah banyak dipakai oleh para pengusaha.

Mesin QR buatan dalam negeri ini dibuat sebagai alat transaksi yang akan membantu pengusaha industri kecil dan menengah menjalankan bisnis mereka dan pada saat yang sama juga akan meningkatkan daya saing.

Direktur Jendral Industri Kecil dan Menengah dan Kementrian Perindustrian menjelaskan bahwa teknologi mesin QR ini akan membantu sistem transaksi dan menyederhanakan proses transaksi UMKM di Indonesia.

Kemudahan bertransaksi akan menghasilkan dampak positif bagi UMKM yang menjual produk ke konsumen.

Penggunaan teknologi pembayaran digital khususnya di Bangka Belitung sendiri menciptakan nilai signifikan. Sudah lebih dari 50% UMKM yang ada di bangka belitung mendukung pembayaran digital tersebut.

Sekitar 75% responden UMKM percaya bahwa teknologi membantu menyelesaikan banyak tantangan yang mereka hadapi.

Di Bangka Belitung dompet digital yang digunakan cukup banyak, seperti OVO, Gopay, Shoppepay, DANA, serta dompet digital buatan Bangka Belitung sendiri (IJOY).

Dompet digital ini akan membantu masyarakat untuk melakukan transaksi pembayaran digital. Pembeli harus mengisi saldo yang cukup untuk melakukan pembelian dan cukup menempelkan smartphone pada mesin QR di merchant yang tersedia.

Keuntungan yang didapatkan pembeli dari dompet digital ini menyediakan banyak varians cashback dan potongan – potongan harga dari harga produk yang ditetapkan. Sedangkan keuntungan yang didapatkan penjual yakni meningkatnya pendapatan penjualan dikarenakan banyak pembeli yang tertarik dengan cashback dan potongan harga tersebut.

Pembangunan infrastruktur digital sangat penting untuk menjamin kelancaran transaksi digital. Setidaknya transaksi digital perlu didukung dengan hal – hal berikut ini: Pertama, koneksi internet yang lancar dan murah (Kenyataannya masih terjadi gangguan internet di Bangka Belitung dan kuota internet yang masih relatif mahal), Kedua, literasi keuangan yang masih rendah, Ketiga, literasi digital yang relatif terbatas (pemahaman masyarakat dalam mengadopsi teknologi digital untuk melakukan transaksi secara digital).

Ketiga hal tersebut membutuhkan proses edukasi yang panjang dan investasi yang cukup besar. Pemerintah Bangka Belitung, melalui instansi – instansi terkait ( Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, dan Lembaga Simpan Pinjam) menghadapi tantangan yang serius untuk mewujudkan infrastruktur digital yang baik.

Secara teknis, sistem pembayaran dengan mesin QR ini mampu menghubungkan banyak pihak. Interkoneksi antar pelaku ekonomi (antar bank dengan non-bank) serta interkoneksi antar instrumen keuangan (tabungan, uang elektronik, kartu debit dan kredit) akan mendorong inklusi keuangan yang lebih tinggi (Semakin banyak masyarakat yang dapat menikmati dan memanfaatkan jasa keuangan).

Sementara itu, efisiensi ekonomi yang semakin tinggi dengan transaksi digital mesin QR diharapkan mampu mendorong percepatan pertumbuhan UMKM dan memperkuat ekonomi.
UMKM di Bangka Belitung hanya sekitar 47% yang mampu mengelola tantangan kritis dan sisanya masih diliputi beberapa tantangan.

Dengan adanya pembayaran menggunakan mesin QR ini diharapkan akan mengatasi tantangan kritis terkait keuangan, pembayaran, mengurangi peredaran uang palsu ataupun rusak yang diketahui masih banyak terdapat di UMKM, serta diharapkan UMKM dapat menghadapi beberapa tantangan bisnis penting seperti defisit kredit, tenaga kerja tidak terampil, dan kerumitan perpajakan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait