Tim KKN UBB Desa Baru Gagas Gerakan Cuci Tangan dan Sikat Gigi Pada Usia Dini

Edukasi murid agar menerapkan pola hidup sehat

Manggar, Swakarya.com. Gerakan Cuci Tangan dan Sikat Gigi digagas oleh mahasiswa KKN UBB di Desa Baru yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 02 Manggar, Senin (22/07).

Gerakan tersebut diikuti murid kelas satu dan dua dengan jumlah 60 orang. Tim KKN pun mendatangkan pemateri dari UPT Puskesmas Manggar, Rani. Acara dimulai sekitar pukul 08.00 WIB.


Dalam paparannya, Rini menjelaskan bahwa menjaga kesehatan adalah salah satu hal terpenting dalam hidup ini, sehingga jangan pernah menyepelekan sesuatu yang kecil.

“Mencuci tangan merupakan suatu kegiatan yang dianggap sebagian besar orang adalah suatu pekerjaan yang sepele sehingga terkadang kegiatan itu sering kali diabaikan.

Mencuci tangan dengan sabun merupakan salah satu tindakan sanitasi yang dilakukan dengan tujuan menghilangkan kuman dan bakteri yang menempel pada tangan, jari, serta kuku-kuku kita. Karena tangan merupakan salah satu agen utama masuknya kuman/ mikroa penyebab penyakit,” jelasnya saat memberikan materi kepada anak murid sekolah.

“Gigi memiliki peranan yang sangat penting selain berfungsi mempermudah dalam mengunyah makanan, gigi juga berpengaruh terhadap keindahan seseorang. Gigi yang tidak terawat membuat gigi kotor dan berlubang serta dapat mengurangi keindahan penampilan seseorang,” tururnya.

Kebiasaan menyikat gigi terutama setelah makan pagi sepertinya belum menjadi budaya yang menyenangkan bagi sebagian besar anak anak. Penyebabnya, bisa jadi karena malas atau belum terbiasa dengan rutinitas tersebut.

“Beberapa hal yang harus diperhatikan saat gosok gigi dari ukuran pasta gigi, cara gosok gigi yang benar, memilih sikat gigi yang tepat, dan waktunya menggosok gigi,” tandasnya.

Fikri, salah satu murid SDN 02 Manggar merasa senang diberikan edukasi cara menggosok gigi dan cuci tangan yang benar.

“Senang mau ikut lagi,’’ ujarnya dengan rasa malu sambil memegang erat kedua tangannya.

Sementara itu, Ibu Herlina selaku Kepala Sekolah SDN 02 Manggar mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKN UBB telah membantu pihak sekolah dalam mengedukasi murid agar menerapkan pola hidup sehat.

“Ibu banyak banyak terima kasih karena telah memberikan pengarahan yang mengedukasi tentang cuci tangan yang baik dan sikat gigi, semoga ilmu yang diberikan bisa bermanfaat untuk murid SDN 02 Manggar khususnya murid kelas 1 dan 2,” pungkasnya.

#GerakanCuciTanganOlehKKNUBB #GerakanMenyikatGigiOlehKKNUBB #KKNUBB2019 #KKNDESABARU #DPLCHRISTIANINGRUM #KKNUBBDESABARU2019 #Mahasiswapedulihidupsehat

Editor : Tahir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait