oleh

Sampah Jadi Masalah, PT Timah Tbk Hadirkan Solusi Menangani Sampah, Ini yang Lakukan!

Muntok, Swakarya.com. Sampah kerap menjadi masalah bagi masyarakat, kurangnya fasilitas untuk mengangkut sampah ke tempat pembuangan menjadikan lingkungan menjadi tidak sehat dan kotor. Demikian yang dialami oleh warga di kawasan wisata Bozem, Kampung Teluk arubiah, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok, Bangka Barat (Babar), Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Beruntung, perusahaan tambang timah terbesar di Indonesia, PT. Timah peduli akan lingkungan dengan menyalurkan bantuan alat pengangkut sampah yang diberikan kepada Forum Komunikasi Pemuda dan Masyarakat Teluk Rubiah (FKPMTR) Muntok.

Forum ini, merupakan pengelola kebersihan dan sampah masyarakat Teluk Rubiah. Selama ini, terkendala alat pengangkut untuk membawa sampah dari rumah warga maupun tempat wisata ke penampungan sementara.

Ketua FKPMTR, Donni menyebutkan mereka ingin mempertahankan agar kawasan wisata yang telah menjadi icon masyarakat Teluk Rubiah terawat dan menjadi salah satu titik perhatian kunjungan wisata.

“Alat angkut sampah sampai saat ini yang menjadi kendala dalam pembuangan sampah di kawasan wisata pantai Bozem. Sampah ini penuh, ditambah dengan sampah masyarakat. Masyarakat selama ini agak kewalahan apalagi tanpa bantuan kita sebagai forum. Selama ini pengangkutan, dipungut dari rumah ke rumah dan diantar ke pasar,” terang Donny, Rabu (9/6/2021).

Ia bersyukur, PT Timah membantu dengan memberikan bantuan alat angkut sampah sehingga dapat menyelesaiakan permasalahan sampah di wisata pantai Bozem dan juga masyarakat sekitar.

“Bantuan dari PT Timah ini dapat memecahkan permasalahan sampah di wisata pantai Bozem, serta membantu masyarakat. Terimakasih kepada PT Timah, semoga sukses selalulah buat PT Timah,” doanya.

Ketua RW 01 Teluk Rubiah Laut, Zulfikar menyampaikan apresiasi atas perhatian PT Timah memberikan solusi memecahkahkan permasalahan warganya. Selama ini, kata dia daerahnya belum memiliki kendaraan untuk mengangkut sampah.

“Intinya kita berterimakasih atas bantuan dari PT Timah, selama ini di tempat kita tidak punya motor sampah. Jadi Dengan adanya bantuan motor sampah ini, sampah warga di sekitar tempat wisata pantai bisa diangkut, bisa dibuang ke pembuangan sampah sementara di pasar, ini sangat mendukung , sangat membantu, terimakasih PT Timah,” sebut Zulfikar.

Sementara itu, Camat Muntok, Sukandi berharap bantuan kendaraan sampah yang diberikan oleh PT Timah untuk FKPMTR dapat dikelola sebaik mungkin, serta bermanfaat buat masyarakat.

“Kita berharap bantuan yang kendaraan sampah yang diberikan oleh PT Timah, dapat dikelola dan dirawat sebaik mungkin oleh FKPMTR, yang nantinya,dirasakan manfaatnya buat masyarakat. Kami ucapkan teeimakasih kepada PT Timah,”ucap Sukandi

Penyerahan bantuan diserahkan oleh Kabid Sekretariat Unmet Arief Yudianto, dan tim CSR Unmet kepada FKPMTR disaksikan oleh Camat Muntok, Ketua RW 15, dan staff kelurahan Tanjung.

Selain menyerahkan bantuan motor sampah, PT Timah Tbk juga menyerahkan bantuan 100 pacs wearpack bagi petugas kebersihan yang diserahkan ke Kecamatan Gerunggang Kota Pangkalpinang. Bantuan ini, untuk mendukung Satgas Smile dalam melaksanakan tugas untuk menjaga kebersihan di Kecamatan Gerunggang.

Bantuan yang diberikan untuk dua wilayah tersebut, merupakan wujud kepedulian PT. Timah terhadap lingkungan di Provinsi Babel.

“Alhamdullillah kita dibantu PT Timah 100 wearpack yang akan kita bagikan kepada Satgas Smile di 6 Kelurahan di Kecamatan Gerunggang. Ini sesuai dengan permintaan kita untuk membantu tugas Satgas Smile kita,” ujar Camat Gerunggang, Khotaman Barkah.

Ia berharap, dengan bantuan PT Timah kinerja Satgas Smile untuk menjaga kebersihan di lingkungan Kecamatan Gerunggang. Sehingga dapat terus menjaga lingkungan.

“Satu orang Satgas Smile bisa dapat lebih dari satu, semoga nanti ini bisa meningkatkan kinerja Satgas Smile untuk meningkatkan pelayanan kebersihan di Kecamatan Gerunggang. Terimakasih PT Timah, semoga terus berkontribusi bagi masyarakat,” tutupnya.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait