by

Rakernis Pidsus, Jaksa Agung Harap Kejaksaan Hasilkan Karya Kreatif Dan Inovatif

Bangka, Swakarya.Com. Kejaksaan Negeri Bangka mengikuti Rapat Kerja Teknis (Rakernis) bidang Tindak Pidana Khusus tahun 2021 yang dibuka Jaksa Agung, Prof. Dr. Burhanudin secara virtual dari ruang kerja Jaksa Agung di gedung Menara Kartika Adhyaksa Kebayoran Baru Jakarta.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari (15-16) September ini mendapat apresiasi dari Jaksa Agung. Pasalnya, kegiatan ini terlaksana atas keseriusan dan dedikasi kejaksaan yang telah konsisten menjalankan tugas-tugas dengan tetap penuh semangat di tengah pandemi Covid-19.

Pada kesempatan itu, Jaksa Agung RI menyampaikan, forum rakernis yang berlangsung dalam waktu relatif singkat ini merupakan wadah strategis untuk menghasilkan karya-karya yang kreatif dan inovatif, yang dapat secara aplikatif memecahkan setiap problematika yang dihadapi di Bidang Tindak Pidana Khusus.

“Dengan tema Pidsus Berdedikasi ini diharapkan tema ini relevan dengan kondisi dan situasi yang sedang kita hadapi saat ini. Untuk itu diharapkan dapat mengakselerasi penyelesaian perkara pidsus,” katanya.

Menurut Jaksa Agung, dedikasi memiliki arti sebagai pengorbanan tenaga, pikiran dan waktu demi keberhasilan suatu usaha untuk tujuan yang mulia, dan dapat juga berarti pengabdian untuk melaksanakan cita-cita yang luhur dan diperlukan adanya sebuah keyakinan yang teguh.

“Tema yang relevan dalam menjawab tantangan dan situasi dalam mengubah cara pandang kita sebagai aparat penegak hukum jika saat ini telah terjadi pergeseran paradigma dari keadilan retributi (pembalasan) menjadi keadilan restoratif,” katanya.

Jaksa Agung berharap, kegiatan yang dilaksanakan ini tidak hanya dijadikan sebagai kegiatan seremonial tahunan saja, tetapi harus bisa memberikan hasil yang bermanfaat untuk mendukung kinerja pembinaan ke depannya.

“Maka dari itu diperlukan langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi bukan dengan cara yang biasa-biasa saja, harus lahir inovasi-inovasi baru untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi tersebut sehingga masalah-masalah yang dihadapi dapat diselesaikan dengan tepat sasaran dan tepat waktu,”katanya.

Penulis : Lio

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait