oleh

Popnas Akan Digelar di Dua Provinsi, Babel Salah Satunya

Palembang, Swakarya.Com. Kesepakatan untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI 2021 di dua provinsi berlangsung lancar. Hal ini tercatat sebagai sejarah baru bagi Sumatera Selatan (Sumsel) dan Kepulauan Bangka Belitung (Babel) untuk melaksanakan popnas bersama-sama.

“Ini merupakan sejarah baru bagi kedua gubernur. Belum pernah popnas diadakan antara dua pemerintahan. Alhamdulillah, Gubernur Sumsel menyambut baik usulan tersebut, di mana hal ini juga bertujuan sebagai pemerataan prestasi olahraga,”ungkap Gubernur Erzaldi.

“Kita ingin pelaksanaan Popnas XVI 2021 ini dapat dirasakan sebanyak-banyaknya oleh masyarakat, baik di Babel dan di Sumsel. Selain itu, ini bisa menjadi percepatan agar Babel bisa menjadi tuan rumah selanjutnya,” ujarnya.

Atas kesepakatan tersebut, maka akan segera dibentuk kepanitiaan bersama yang akan dibahas lebih lanjut mengenai lokasi pembukaan dan penutupan Popnas 2021 nanti.

Seperti diketahui, Provinsi Sumsel dan Provinsi Kepulauan Babel merupakan wilayah serumpun yang berdekatan dengan latar belakang sejarah sebagai “kakak-adik” yang terus bersatu, khususnya untuk penyelenggaraan popnas. Dengan dimulainya kerja sama ini, diharapkan juga bagi kedua provinsi bisa menyelenggarakan PON bersama-sama.

“Mudah-mudahan dengan popnas yang diselenggarakan di dua provinsi, maka PON juga bisa diselenggarakan di dua provinsi (Sumsel-Babel). Ini menjadi cikal bakal untuk menuju event-event nasional yang dilakukan dua tahun sekali tersebut,” ujar Gubernur Erzaldi.

Pelaksanaan popnas di kedua provinsi ini akan berdampak sangat bagus untuk mempercepat dan memacu perekonomian bagi kedua belah pihak.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Sumsel Herman Deru juga mengungkapkan rasa senangnya bisa melaksanakan Popnas XVI 2021 bersama Provinsi Babel. Mengingat di masa sulit seperti sekarang, hubungan kerja sama yang baik sangat dibutuhkan untuk pemulihan ekonomi.

“Justru kami senang bisa melaksanakan popnas bersama ini. Sebagai saudara yang serumpun, tentunya kita juga menginginkan kebahagiaan yang sama,” ungkap Gubernur Herman Deru.

Rencanaya, Popnas XVI 2021 akan dilaksanakan pada tanggal 12-25 Oktober 2021 dan akan mempertandingkan 24 cabang olahraga.

Berikut adalah enam cabang olahraga yang akan diselenggarakan di Babel, yaitu judo, voli pasir, karate, panahan, panjat tebing, dan tinju. Sedangkan untuk cabor yang akan di selenggarakan di Sumsel yaitu atletik, renang, angkat besi, bulu tangkis, pencak silat, bola voli, bola basket, sepak bola, sepak takraw, tenis, tenis meja, senam, taekwondo, gulat, dayung, wushu, kempo, dan anggar. (***)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait