oleh

Pemkot Pangkalpinang Apresiasi Gagasan dari Pengembangan, Pelestarian dan Perlindungan Seni Budaya Daerah Pangkalpinang

Pangkalpinang, Swakarya.Com. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang mengadakan kegiatan pengembangan, pelestarian dan perlindungan seni budaya Daerah Kota Pangkalpinang Tahun 2020 melalui “Penguatan Materi Dan Gelar Dambus”.

Mengusung Tema “Kesenian Tradisional Dambus Sebagai Upaya Dalam Menumbuhkan Kecintaan Budaya Lokal Di Masyarakat Pangkalpinang”.

Acara kegiatan berlangsung selama 3 hari, mulai 20 – 22 Oktober 2020 di Cordela Hotel dan Kampoeng Tige Oerang.

Baca Juga: Melalui Diksar, Molen Ingin Satpol PP dan Damkar Menjadi Kebanggaan Kota Pangkalpinang

Di hadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra, Suparyono, Plt Kepala Dinas Kota Pangkalpinang, Eddy Supriadi, Kabid Kebudayaan, Budayawan, Seniman dan Peserta yang di awali dengan Tarian Selamat Datang.

Suparyono mengungkapkan melestarikan kearifan budaya lokal harus terus berlanjut dan berkembang sampai kapan pun.

“Pelestarian kebudayaan penting dilakukan masyarakat terutama generasi muda agar termotivasi dan memiliki kepahaman baik dan terlibat aktif dalam proses penerapan nilai-nilai budaya dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Baca Juga: Walikota Pangkalpinang Sambut Kungker Pangdam II/Sriwijaya

Suparyono meneruskan pelestarian gambus ini sebagai bentuk nyata pemerintah dan masyarakat Pangkalpinang dalam melestarikan dan mengembangkan nilai budaya.

“Kelestarian gambus supaya dapat menjadi wahana, semangat dan motivasi dalam menggali, melestarikan nilai-nilai budaya agar dapat tumbuh dan berkembang pada masyarakat Pangkalpinang,”

Harapannya dengan melestarikan budaya seni tradisional supaya tetap dipertahankan dan diwariskan pada generasi selanjutnya.

Baca Juga: Walikota Pangkalpinang Buka Acara Musyawarah Cabang IV Hipmi Pangkalpinang

“Kebudayaan para leluhur supaya tidak luntur dan tidak punah dengan budaya luar dan bisa dipertahankan dan diwariskan pada anak cucu kita nantinya.,” harapnya.

Penulis: Burhan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait