by

Pemkab Bangka Gelar Sosialisasi Penerapan Kebijakan APBD TA 2022

Bangka, Swakarya.Com. Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka menggelar Sosialisasi Penerapan Kebijakan APBD Tahun Anggaran 2022 dalam Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD), Rabu (17/11/2021).

Pada kesempatan itu, Bupati Bangka, Mulkan mengatakan pelaksanaan sosialisai sistem tersebut merupakan upaya daerah dalam menghadapi perkembangan teknologi. Dimana setiap daerah dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi agar mampu bersaing.

“Hingga hari ini Pemkab Bangka tidak ketertinggalan dibandingkan dengan daerah lain berkat kerjasama dan dukungan kita semua. Karena sistem ini sangat penting dalam menentukan kebijakan anggraan untuk tahun 2022,” ujar Mulkan.

Disamping itu dirinya menekankan kepada seluruh penanggung jawab serta operator di setiap OPD untuk mulai bekerja memasukan data sesuai kebutuhan. Mengingat peranan APBD sangat penting terhadap pembangunan di Kabupaten Bangka.

“Hari ini kita harus memulai penginputan APBD tahun 2022 mendatang, karena ini merupakan urat nadi Pemkab Bangka. APBD ini sanagt penting bagi kita kerana dari dana inilah kita melakukan pembangunan,” tambahnya.

Disamping itu, Mulkan juga menekankan agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkungan Pemkab Bangka untuk terus meningkatkan kinerjanya di bidang masing masing.

“Jadi tidak ada istilah melo melo (santai–red) mengingat sekarang kita sudah menggunakan sistem aplikasi, jadi SDM nya juga harus cerdas dan memiliki ilmu pengetahuan yang luas demi memberikan pelayanan prima kepada masyarakat daerah ini,” katanya.

Lewat kegiatan sosialisasi ini, Mulkan meminta agar seluruh OPD daerah ini bekerja lebih keras lagi agar APBD yang di input untuk tahun 2022 mendatang bisa berjalan sesuai harapan.

“Jadi kalau OPD nya tidak menginput, mohon maaf, tidak ada anggaran apapun pada tahun 2022 nanti. Yang pastinya jadi penonton, baik itu belanja rutin maupun belanja lainnya,” katanya.

Sementara, Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan & Aset Daerah (DPPKAD), Haryadi menyampaikan dengana adanya pelatihan tersebut mampu meningkatkan kapasitas dari SDM yang bertugas menangani perencaanan APBD Tahun 2022.

“Pelatihan ini bertujuan untuk membangun SDM yang handal dan mewujudkan keuangan daerah yang transparan, efisien, dan akuntabel. Sehingga kita libatkan 90 orang peserta dan dilaksanakan selama dua hari,”katanya.

Penulis : Lio

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait