by

Pemkab Bangka Bertekad Pertahankan Predikat Swasti Saba Wistara

Swasti Saba Wistara merupakan predikat tertinggi dalam penilaian kabupaten/kota sehat.

Bangka, Swakarya.Com. Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka bertekad mempertahankan predikat Swasti Saba Wistara tahun 2019, dimana sebelumnya daerah ini pernah meraih predikat yang sama pada tahun 2017 lalu. 

Tahun ini, Pemkab Bangka kembali mengajukan diri ke Kementerian Kesehatan RI demi memperoleh Kabupaten Sehat dengan predikat Swasti Saba Wistara tahun 2019.

Bupati Bangka, Mulkan mengatakan, pemerintah daerah ini bertekad membuat daerah ini menjadi Kabupaten yang sehat dan aman sehingga efeknya bermanfaat bagi seluruh masyarakat yang ada di daerah ini..

“Kami ingin mewujudkan Kabupaten Bangka yang bersih, aman dan sehat untuk dihuni masyarakat. Sehingga dapat mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya,” kata Mulkan dalam sambutannya di Rumah Dinas Bupati Bangka, Selasa (20/8).

Tim penilai dari Kementrian Republik Indonesia turun langsung ke lapangan guna meninjau langsung ke lapangan dan melakukan verifikasi terhadap berkas. 

Pemaparan tentang capaian Kabupaten Bangka dalam mewujudkan Kabupaten Sehat juga disampaikan oleh Ketua Tim Kesehatan Kabupaten Bangka yang dipangku Pan Budi Marwoto.

“Banyak prestasi yang telah diperoleh Kabupaten Bangka terutama di bidang kesehatan. Prestasi tersebut baik di tingkat Provinsi hingga Nasional. Selain itu banyak inovasi yang telah dilakukan Kabupaten Bangka guna mewujudkan kabupaten sehat,” ungkap Ketua Tim Persiapan Kabupaten Bangka Sehat, Pan Budi Marwoto.

Prestasi dan inovasi yang telah diperoleh Kabupaten Bangka diantaranya: Penanganan Stunting 10 Terbaik Nasional, aplikasi Ojek Lansia, aplikasi Ransel Sidora untuk sistem donor darah, Arisan Jamban, PSC 119 terbaik di nasional, Si Resti Cikar untuk penanganan resiko tinggi ibu hamil, Nganggung Germas (gerakan masyarakat sehat), hingga puskesmas yang seluruhnya sudah terakreditasi.

Dengan segudang prestasi yang telah diperoleh di bidang kesehatan, diharapkan mampu menunjang Kabupaten Bangka untuk memperoleh Kabupaten Sehat dengan predikat Swasti Saba Wistara.

Swasti Saba Wistara merupakan predikat tertinggi dalam penilaian kabupaten/kota sehat.

Sebelumnya Kabupaten Bangka juga sudah pernah memperoleh Kabupaten Sehat pada tahun 2009 dengan predikat Padapa, 2011 dan 2013 predikat Wiwerda, 2017 predikat Saba Wistara. Jadi diharapkan pada tahun 2019 mampu mempertahankan predikat Saba Wistara.

Perwakilan tim penilai dari Kementrian Kesehatan mengungkapkan tujuan datang ke daerah guna mencocokkan data dengan terjadi di lapangan. Yang nantinya data tersebut akan dibawa dalam rapat kementrian untuk menentukan kelayakan kategori Kabupaten/Kota Sehat 2019.

“Kami hanya menggali data di lapangan. Apapun hasil nantinya semoga dapat memberikan hasil terbaik bagi Kabupaten Bangka dan mampu mencapai apa yang dicita-citakan Kabupaten Bangka,” kata Tim Penilai dari Kementrian Kesehatan, Novi Sulistyaningrum. (Lio) 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait