by

Mahasiswa UBB Jurusan Teknik Mesin Ciptakan Mesin Tetas Telur Bagi Peternak Ayam di Desa Pergam Guna Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Pergam, Swakarya.Com. Mahasiswa jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung (UBB) bersama dosen UBB gelar kegiatan Pengabdian Masyarakat Tingkat Jurusan (PMTJ) di salah satu rumah mitra pengabdian tepatnya di desa Pergam Kecamatan Airgegas Kabupaten Bangka Selatan, pada Sabtu, (24/7) lalu.

kegiatan pengabdian dilakukan setiap tahun, namun berbeda pada tahun ini dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi mesin yang modern untuk menompang usaha masyarakat terutama di kondisi pandemi saat ini dengan memberi bantuan mesin tetas telur serta pendampingan pembiakan ayam.

Tak hanya itu, kegiatan ini pun tentunya dilakukan tetap menerapkan protokol kesehatan dan peserta terbatas karena kondisi pandemi Covid 19.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh dosen jurusan Teknik Mesin UBB yaitu, Yudi Setiawan S.T., M. Eng, (sebagai ketua PMTJ), dan anggota PMTJ antara lain : Eka Sari Wijianti, S.Pd., M. T., Saparin, S.T., M.Si., R. Priyoko Prayitnoadi, S.ST., M. Eng., P.hD., dan Budi Santoso Wibowo, S.Pd., M. Eng. Selain itu turut hadir Kepala desa Pergam Sukardi, S.H. dan Mitra PMTJ antara lain : Suharno (ketua mitra 1 PMTJ), Kiki (ketua mitra 2 PMTJ) dan anggotanya.

Sementara itu, dalam sambutannya ketua PMTJ Yudi Setiawan mengatakan “ini merupakan kali kedua kegiatan pengabdian UBB di wilayah Kec. Airgegas tepatnya desa Pergam setelah tahun 2020 di desa Bencah. Saya juga berharap kedepannya kami dari jurusan Teknik Mesin UBB dapat juga bekerjasama dengan pemdes Pergam di bidang lainnya,” pungkasnya kepada media swakarya.com melalui rilisnya.


Kemudian, Eka Sari Wijianti selaku ketua Jurusan Teknik Mesin menambahkan, bahwa kegiatan ini merupakan program UBB setiap tahun dengan memberikan hibah kepada masyarakat, seperti tahun kemarin (2020) sudah pernah kami laksanakan di Desa Bencah, Kabupaten Bangka Selatan.

“alhamdulillah hasilnya maksimal, keberhasilan penetasan mencapai 90%, yang biasanya masyarakat atau peternak ini masih melakukan penetasan secara manual, menggunakan kardus atau mengeram secara alami, setelah adanya bantuan ini, kegiatan penetasan telur dapat dilakukan dengan lebih efektif. Selain itu, kedepannya akan bisa juga menyediakan mesin pencetak pelet makanan ternak, lalu mesin penetas telur suatu saat akan bisa dikembangkan dengan otomatis dari sisi operasionalnya jika memang situasinya sudah maju baik usaha maupun ketersediaan listrik yang memadai. Selain itu bisa juga memfasilitasi usaha usaha dibidang lain yang memang dibutuhkan,” paparnya.

Selain itu, Kiki selaku ketua PMTJ mengucapkan terima kasih dan berharap kegiatan ini dapat dilanjutkan ke masyarakat yang lainnya.

“Kami berterima kasih kepada jurusan Teknik Mesin UBB yang telah memberikan bantuan mesin tetas telur ini dan berharap mesin tetas telur ini dapat disebarluaskan ke masyarakat desa Pergam yang lainnya, “ kata Kiki ketua Mitra PMTJ.

Dalam kesempatan yang sama, Sukardi selaku Kepala Desa Pergam sangat antusias dan berterimakasih atas penyerahan bantuan mesin penetas telur ini.

Sukardi pun berharap dengan adanya bantuan dari UBB ini dapat menambah wawasan kepada kami, khususnya peternak ayam terkait cara kerja mesin penetas telur ini.

“Kami sangat berharap sekali, dengan adanya bantuan ini dapat mengembangkan potensi peternakan dengan menggunakan teknologi yang canggih di Bangka Belitung, khususnya di Desa Pergam ini. Harapan kami ke depannya, pihak desa tetap terbuka dalam bekerja sama untuk terus mendukung kegiatan ini,” pungkasnya. ***

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait