by

Mahasiswa UBB Edukasi Masyarakat Balunijuk Cara Pengelolaan Limbah Plastik Jadi Paving Blok yang Bernilai Ekonomis

Bangka, Swakarya.Com. Tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) Universitas Bangka Belitung (UBB) mengadakan kegiatan pelatihan pengoperasian mesin pencacah plastik bertempat di kantor Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Balunijuk, Sabtu, 28 Agustus 2021.

Selain itu dalam kegiatan ini juga dilaksanakan sosialisasi tentang digitalisasi UMKM yang disampaikan oleh Konsultan PLUT UMKM Provinsi Bangka Belitung Akbar Riandi.

‘’Sosialisasi seperti ini penting dilakukan dikarenakan melalui digitalisasi bisnis UMKM dapat memasarkan produknya lebih luas lagi bukan hanya di ruang lingkup desa saja namun harus bisa menjual produknya keluar daerah, sehingga diharapkan nantinya produk UMKM desa ini lebih berkembang lagi dan memiliki pasar yang lebih luas. Kami siap membantu mengurus perizinan dalam mendapatkan legalitas UMKM di Desa Balunijuk,’’ ujarnya yang diterima redaksi Swakarya.Com pada Senin, 30 Agustus 2021.

Acara selanjutnya adalah presentasi yang disampaikan oleh Anggota Tim PKM-PM Nugroho Aji Banumurti mengenai pemanfaatan limbah plastik di Desa Balunijuk sebagai bahan pembuatan paving blok.

Usai sosialisasi, dilakukan penyerahan alat secara simbolis oleh Tim PKM-PM UBB kepada Pemerintah Desa (Pemdes) Balunijuk dan kemudian dilanjutkan dengan diskusi bersama.

Ketua BPD Balunijuk H. Khoirudin berharap dengan adanya kegiatan pelatihan ini limbah plastik bukan lagi jadi masalah namun menjadi potensi yang jika dikelola dengan baik dapat bernilai ekonomis untuk peningkatan ekonomi masyarakat di Desa Balunijuk.

“Kami berharap inovasi paving blok ini juga memiliki nilai jual yang bermanfaat bagi masyarakat Desa Balunijuk nantinya,’’ ujarnya.

Dosen Pembimbing PKM-PM Yuant Tiandho, S.Si., M.Si., juga berharap pembuatan paving blok di Desa Balunijuk dapat berjalan dan dapat dipasarkan. Tentunya kerja sama yang sudah terjalin dengan baik antara UBB dengan Pemdes Balunijuk dapat terus berlanjut.

“Kedepannya hubungan kerja sama antara pihak Universitas Bangka Belitung dan pihak Desa Balunijuk dapat terus berlanjut kedepannya,’’ imbuhnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kaur Perencanaan Desa, Ketua Karang Taruna Desa, beberapa perangkat desa dan masyarakat Desa Balunijuk. (Rls)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait