by

Mahasiswa KKN-T Bersama Pemdes Banyuasin Gelar Sosialisasi UMKM

Banyuasin, swakarya.com. Mahasiswa KKN-T Desa Banyuasin Universitas Bangka Belitung (UBB) berkolaborasi dengan perangkat Desa Banyuasin mengadakan Kegiatan Sosialisasi dengan tema “Pelatihan Pengemasan dan Labelisasi Produk UMKM Desa Banyuasin” .

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa Banyuasin dan kegiatan ini berlangsung dari jam 09.00 – 12.00 WIB. Materi Sosialisasi ini diberi langsung oleh Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka yaitu Bapak Amri, S.H, Ibu Listiawartini, S.Sos, Bapak Didik Krisdianto, S.T, dan Bapak Daniel Octanivan, S.Pd. Kegiatan Sosialisasi ini juga termasuk program kerja Mahasiswa KKN-T dari Bidang Keuangan dan Pemasaran.

Temuan dari hasil survei yang dilakukan sebelum diadakannya sosialisasi ini, rata-rata ditemukan pelaku UMKM yang memiliki beberapa kendala terutama masalah pembukuan dan ada sebagian UMKM yang belum memiliki kemasan serta logo sesuai dengan standar yang telah ditentukan, sehingga kegiatan sosialisasi ini sangat penting untuk dilaksanakan.

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan agar pelaku UMKM mengetahui berbagai cara tentang pembukuan usaha yang dimiliki, kemudian mengetahui bagaimana kemasan yang baik serta pelabelan untuk produk yang dimiliki.

Dalam kegiatan sosialisasi ini, pak Sudaryo selalu Sekretaris Desa mengatakan “Kedepannya harus punya standarisasi kemasan yang baik untuk UMKM”. Kemudian sambutan selanjutnya oleh Bapak Amri, M.H selaku Kepala Bidang Perindustrian mengucapkan terimakasih banyak dan beliau juga mengatakan bahwa kegiatan ini sangat luar biasa untuk disosialisasikan kepada para masyarakat dan pelaku UMKM.

“Sosialisasi ini sangat perlu dan penting untuk pelaku UMKM, karna dengan adanya kemasan serta pelabelan pada produk maka produk pelaku UMKM mudah dikenal dan diketahui oleh masyarakat” ucap Zar Muhammad Nur selaku ketua pelaksana kegiatan sosialisasi ini.

Pemateri yang pertama oleh Ibu Listiawartini. S.Sos Selaku Penyuluhan Perindag Pertama. Pemateri yang diberikan yaitu tentang teknik Pengemasan dan Pemberian Label Kemasan Produk. Kemudian pemateri yang kedua yaitu oleh Bapak Didik Krisdianto. S.T. tentang kemasan yang unik untuk produk UMKM.

Beliau juga memberikan beberapa informasi tentang aplikasi perizinan untuk mengakses perizinan produk yaitu Online Single Submission (OSS) atau perizinan online terpadu.

Kegiatan sosialisasi kali ini berjalan dengan lancar dan Mahasiswa KKN-T juga berharap semoga UMKM yang ada di Desa Banyuasin bisa memiliki kemasan dan label yang khusus untuk produk UMKM masyarakat nya ujar Mahasiswa KKN-T Sartika Dara Syakila.***

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait