by

Kongres VII KSBSI, Johannes Darta Pakpahan dan Hendrik Hutagalung Terpilih Jadi Ketum dan Sekjend 2021-2024

Ciloto, Swakarya.Com. Johannes Darta Pakpahan terpilih sebagai Ketua Umum Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) periode 2021-2024 melalui Kongres VII yang digelar di Hotel Bukit Indah Puncak, Ciloto, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Anak kedua dari almarhum Prof Dr Muchtar Pakpahan ini terpilih secara aklamasi di Kongres VII KSBSI yang digelar pada Jumat (05/11) – Minggu (07/11).

Sedangkan untuk posisi jabatan Sekretaris Jenderal (Sekjend), Hendrik Hutagalung terpilih setelah mendapatkan 76 suara sah dengan mengalahkan kandidat lainnya yakni Yudo, yang mendapatkan dukungan 54 suara dari peserta kongres.

Dalam sambutan pertamanya usai terpilih sebagai Ketum KSBSI, Johannes Darta Pakpahan menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh peserta kongres yang telah mempercayakan kendali organisasi kepada dirinya.

“Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan, ini bukan masalah jabatan, ini masalah tanggung jawab,” ujarnya.

Peserta Kongres VII KSBSI utusan dari Korwil dan DPC di Bangka Belitung. (Foto: Ist)

Pemuda yang akrab disapa Darta ini menceritakan, dulu ia termasuk anak muda yang sering mendorong orang lain untuk berani maju dan tampil di publik.

“‘Sudah waktunya kamu maju dan muncul ke depan publik, jangan lagi di belakang’, itu kata saya dulu. Ternyata kata-kata itu sekarang malah berbalik kepada saya,” ungkapnya.

Darta optimis, jika semua kader KSBSI seluruh Indonesia bersatu, ia yakin dan percaya KSBSI bisa kembali pada masa kejayaan untuk berada di garda terdepan membela kesejahteraan buruh di Indonesia.

“Kami mengharapkan kerja sama kita semua, bukan untuk kebesaran pribadi, tapi untuk kesejahteraan buruh di Indonesia. Saya yakin dan percaya, karena kita memiliki kader anak-anak muda, jiwa muda, serta dukungan dari para senior yang masih komitmen di KSBSI menjadi tempat kita untuk belajar, kita pasti besar, KSBSI pasti besar, KSBSI pasti besar,” tutupnya.

Peserta Kongres VII KSBSI utusan dari Bangka Belitung foto bersama dengan Hendrik Hutagalung setelah menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada Sekjend KSBSI. (Foto: Ist)

Senada dengan Darta, Sekjend KSBSI Hendrik Hutagalung menyampaikan, KSBSI bisa lebih besar di bawah kepemimpinan anak muda seperti Darta.

“Yang terpilih anak muda, kita berharap dukungan dari semuanya, setelah pulang ke daerah masing-masing, kita harus sampaikan ke daerah, bahwa hari ini sudah ada pemimpin baru KSBSI untuk 4 tahun ke depan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, utusan peserta Kongres VII dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung turut serta dalam pemenangan Hendrik Hutagalung sebagai Sekjend KSBSI walaupun hanya memiliki satu hak suara.

Empat utusan dari Korwil dan DPC di Babel diantaranya Muhammad Tahir (Wakil Sekretaris Korwil KSBSI Babel), Ardiyan Fratama (Bidang Database Korwil KSBSI Babel), Abdul Fakih (Divisi Advokasi dan Tripatrit DPC KSBSI Kabupaten Bangka Tengah), Angga Destiansyah (Sekretaris DPC KSBSI Kabupaten Bangka). ***

Penulis: Fakih

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait