oleh

Komunitas Bujang Dayang Sadar Wisata Kumpulkan Sampah di Pantai Batu Rakit

Muntok, Swakarya.Com. Komunitas Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR), terus berupaya dalam menjaga tempat wisata agar bebas dari sampah.

Salah satu upaya tersebut yaitu melaksanakan kegiatan Sepeda Sampah yang dikuti oleh sejumlah komunitas pemuda Bangka Barat, untuk melaksanakan aksi mengambil dan memilah sampah di kawasan Pantai Batu Rakit.

Agung Purnama selalu ketua Ikatan BDBAR mengatakan, latar belakang kegiatan Sepeda Sampah tersebut, berawal dari sampah yang sangat berserakan di kawasan pantai pada masa pandemi Corona Virus Diases (COVID-19), peristiwa tersebut disebabkan karena masih rendahnya kepedulian masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan.


“Selain itu banyak juga sampah yang berserakan di jalan-jalan kecil, yang sering dilalui oleh para peseda, sehingga kami mengumpulkan sampah plastik di sepanjang jalan tersebut,saat ini kami sudah mengumpulkan sampah sebanyak 10 kantong, ” ungkapnya pada Senin 11 Januari 2021 kemarin.


Agung kembali melanjutkan, terkait aksi Sepeda Sampah dimulai dengan gowes bersama sambil memungut sampah yang ada di sepanjang jalan, kemudian berhenti di kawasan pantai untuk aksi pembersihan tempat wisata, dilanjutkan dengan aksi pilah sampah untuk dibawa ke Bank Sampah.


Seftian Jerry selaku Runner Up 1 Bujang Bangka Barat Tahun 2020, menyampaikan harapannya kepada masyarakat untuk lebih peduli dengan lingkungan di tempat wisata khususnya kawasan Pantai.

“karena ketika kami membersihkan sampah di Pantai, kami mengumpulkan sampah sebanyak 10 kantong. Kegiatan Sepeda Sampah ini kiranya bisa menyadarkan masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, karena Pantai yang bersih dari sampah terlihat jauh lebih indah, sebenarnya banyak yang menginginkan Pantai yang bersih, namun kurangnya kesadaran dan rasa gengsi untuk membuang sampah,”tutupnya.

Penulis: Iso

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait