by

Gubernur Erzaldi Berkesempatan Mengunjungi KRI Semarang-594

Badau, Swakarya.Com. Gubernur Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, berkesempatan mengunjungi KRI Semarang-594 yang sedang berlabuh di Perairan Belitung, tepatnya di Pelabuhan Tanjung Ru Belitung, Jumat (8/10/2021). Bersama Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, gubernur berangkat dengan menggunakan kapal Landing Craft Utility (LCU).

Tampak hadir bersama Gubernur Erzaldi, Kapolda Babel Anang Syarif Hidayat serta jajaran Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Laut. Selain itu, juga hadir Ketua Dewan Pakar Aspeksindo Rakhim Dahuri, dan Ketua Umum Aspeksindo Abdul Ghafur, Wamenhan dan Wamen Tata Ruang.

Kehadiran KRI Semarang-594 untuk kedua kalinya di Perairan Belitung ini sebagai tempat gelaran Musyawarah Nasional II Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seliruh Indonesia (Aspeksindo), sekaligus untuk Penandatangan MoU antara Kasal dan Aspeksindo.

Selain itu, juga untuk penyerahan piagam penghargaan Aspeksindo Award kepada Kasal, dan pengumuman lomba Festival Film Dokumenter Aspeksindo, lomba Mars Aspeksindo, lomba Duta Maritim Aspeksindo yang diselenggarakan oleh Aspeksindo di waktu sebelumnya, dalam rangkaian peringatan Hari Maritim Nasional bertempat di Belitung.

Gubernur Erzaldi sangat antusias menyambut kedatangan KRI Semarang-594. Sebab, saat Babel mengalami krisis oksigen pada masa PPKM level 3 dan 4, terutama di Pulau Belitung, kapal ini banyak membantu sebagai KRI rumah sakit.

“Saya senang dapat mengunjungi langsung KRI Semarang-594 yang sempat membantu penyediaan oksigen untuk Belitung saat Belitung sangat kekurangan oksigen,” ungkapnya.

KRI Semarang-594 memfasilitasi ketersediaan oksigen bagi pasien terkonfirmasi Covid-19, dengan mampu memproduksi oksigen cukup banyak per hari, sehingga dapat membantu kekurangan oksigen di beberapa rumah sakit di Kabupaten Belitung.

Untuk itu, Gubernur Erzaldi berkesempatan langsung menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada komandan KRI Semarang-594.

“Semoga kerja sama ini terutama dengan TNI AL terus terjalin,” ungkapnya.

Diketahui, Kapal KRI Semarang-594 memiliki fungsi untuk membantu distribusi militer, baik logistik, peralatan, dan perlengkapan militer, serta difungsikan sebagai kapal rumah sakit untuk bantuan bencana alam.

KRI Semarang-594 dibangun oleh PT PAL Indonesia (Persero), dan diserahterimakan kepada TNI AL pada 21 Januari 2019 di Dermaga Ujung Koarmada II Surabaya. Kapal tersebut memperkuat Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) jajaran Koarmada I di bawah Satuan Kapal Amfibi (Satfib).***

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait