oleh

Gerakan Belitung Mengajar, Bambang Ajak Pemuda dan Pemerintah Daerah Dukung Program Ini!

Belitung Timur, Swakarya.Com. Gerakan Belitung mengajar kembali laksanakan program pendidikan dan pemberdayaan masyarakat di Desa Selinsing, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur (Beltim). Sebelumnya juga pernah dilakukan di Pulau Long pada tahun 2019 lalu.

Bella selaku koordinator dari gerakan Belitung mengajar ini mengatakan, program ini sudah dua kali dilaksanakan.

“Ini kali keduanya dilaksanakan dibawah naungan yayasan nusantara terdidik foundation,” kata Bella pada tanggal 24 Januari 2020.

Lebih lanjut ia mengatakan, nusantara terdidik foundation ini sebelumnya sudah pernah membuat gerakan Sukabumi mengajar, Cirebon mengajar sekarang kebetulan Bella selaku koordinatornya merupakan kelahiran Beltim jadi mengajak rekan-rekannya dibeberapa kampus yang ada di Jakarta,  Bogor dan  bandung untuk menjadi relawan di Program Belitung mengajar.

“Lokasi pertama yang menjadi pilihan mereka adalah daerah pelosok yaitu dipulau Long Desa Selinsing Kecamatan Gantung, Belitung Timur yang pelaksanaannya akan dimulai dari 26 Januari sampai dengan 4 Februari 2020,” tutur Bella kader HMI UIN Jakarta
pada awal media.

Bella pun mengajak kawan-kawannya mengisi waktu liburan semester dengan kegiatan pengabdian ke masyarakat ini sebagai bentuk wujud nyata mereka sebagai anak didik yang ingin ikut merasakan kehidupan daerah pelosok dimana pulau Long tempat kegiatan program itu dilaksanakan masih terbatas dalam hal akses komunikasi dan listrik.

“Disini mereka ingin menggali potensi dari siswa-siswi SD dan masyarakat disana serta ikut membantu menyemangati meskipun  hidup dalam keterbatasan,” ucap Bella juga mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah.

Lalu ia menjelaskan program tersebut, nertempat di balai Desa Selinsing, Kecamatan Gantung acara pelepasan dan penempatan gerakan belitung mengajar ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Beltim Amrizal yang juga dihadiri oleh Pemerintah Desa Selinsing, Dinas Pariwisata Beltim, Guru SDN 011 Gantung dan Tokoh pemuda serta tokoh masyarakat.

Amrizal selaku Kepala Dinas Pendidikan Beltim sangat mengapresiasi kegiatan ini yang sangat bermanfaat dan menyentuh khususnya dunia pendidikan dan kemasyarakatan.

Selain itu, Fikri mewakili pemerintah desa Selinsing juga berterimakasih kepada relawan gerakan belitung mengajar yang mau ikut berpartisipasi dalam bidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan ini.

“Kedepannya semua desa yang ada di Belitung  dan Beltim ini bisa merasakan sentuhan dari kegiatan ini,” ujarnya.

Bambang Suherly selaku tokoh muda yang ikut hadir dalam acara ini mengatakan sangat mengapresiasi positif kegiatan ini.

“Peran serta kaum muda dituntut memberikan karya nyata di masyarakat dan kebanyakan dari relawan Gerakan Belitung Mengajar ini merupakan juniornya sewaktu di HMI dulu,” jelasnya.

Bambang pun sebagai sekretaris KAHMI Beltim mengajak pemerintah daerah kabupaten Belitung Timur untuk bisa membantu dan memfasilitasi kegiatan dari adek-adek ini.

“Semoga rangkaian kegiatan ini berjalan dengan lancar tanpa hambatan apapun,” tutup Bambang.

Penulis : Tahir

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait